Find and Follow Us

Sabtu, 25 Januari 2020 | 15:51 WIB

Koleksi Banyak Saham Unggulan

Inilah Cerita Kerajaan Bisnis Warren Buffett

Oleh : Wahid Ma'ruf | Jumat, 3 Januari 2020 | 00:17 WIB
Inilah Cerita Kerajaan Bisnis Warren Buffett
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, New York - Sementara sebagian besar orang terkaya di dunia meraih gelar itu melalui suatu perusahaan. Tetapi kisah investor miliarder Warren Buffett berbeda.

Jeff Bezos menjadi kaya dari Amazon Inc. AMZN, + 0,05%, Mark Zuckerberg membuat miliarannya dari Facebook Inc. FB, + 0,41% dan Bill Gates mendapatkan kekayaannya melalui Microsoft Corp. MSFT, + 0,07%.

Tetapi Warren Buffett, yang menjabat sebagai ketua dan CEO Berkshire Hathaway Inc. BRK.A, + 0,25%, dapat menghubungkan kekayaannya dengan ratusan perusahaan, mulai dari pabrik tekstil di Rhode Island hingga Coca-Cola Co. KO, + 0,14%.

Buffett menghasilkan gaji US$100.000 sebagai CEO Berkshire Hathaway, yang hanya sebagian kecil dari kekayaan bersihnya US$83,6 miliar. Jadi bagaimana dia mendapatkan semua uang itu? Beberapa di antaranya berhemat ekstrim, seperti potongan rambutnya yang terkenal US$18.

Tetapi lebih dari itu datang ke pengembalian investasi, yang biasanya saham dengan pengembalian rendah, namun stabil.

Berikut adalah beberapa perusahaan yang sekarang di kerajaannya, seperti yang disajikan oleh situs visualisasi data Visual Capitalist dan situs keuangan pribadi Finder, yang menciptakan infografis besar memvisualisasikan kerajaan Warren Buffett seperti mengutip marketwatch.com.

Akar Berkshire Hathaway melacak kembali ke pabrik tekstil di Rhode Island, yang berjuang sampai Buffett muncul. Buffett mulai mengakumulasi saham di perusahaan ketika saham Berkshire terus menurun, akhirnya memiliki saham yang cukup untuk mengambil kendali perusahaan. Buffett saat ini memiliki 36,8% dari Berkshire.

Sementara bisnis inti Berkshire awalnya adalah tekstil, Buffett secara bertahap mulai berekspansi ke bisnis asuransi, mengakuisisi saham di Geico.

Dari sana, perusahaan tumbuh ke berbagai industri. Berkshire memiliki bisnis pakaian, yang terdiri dari merek-merek termasuk Acme Boots dan Fruit of the Loom. Di bidang ritel, Berkshire telah mengakuisisi perusahaan termasuk Oriental Trading Company, Nebraska Furniture Mart, RC Willey Home Furnishings dan Ben Bridge Jeweller.

Untuk yang menyangkut makanan, Berkshire telah mengakuisisi perusahaan termasuk penjual alat dapur The Pampered Chef, pembuat cokelat See's Candies dan Dairy Queen.

Pernah beli mobil? Berkshire juga memiliki lebih dari 80 dealer mobil di seluruh negeri, termasuk merek-merek seperti Ford F, + 0,54%, Toyota TM, -0,05% dan Mercedes-Benz.

Berkshire juga memiliki 32 surat kabar harian, termasuk Omaha World-Herald.

Selain memiliki seluruh perusahaan, Berkshire juga banyak berinvestasi di Apple Inc. AAPL, + 0,73%, Wells Fargo & Co. WFC, + 0,37%, Kraft Heinz KHC, + 1,32%, Bank of America Corp. BAC, + 0,20% dan the Coca-Cola Co. Investasi lainnya termasuk Southwest Airlines Co. LUV, -0,18%, American Express Co. AXP, + 0,15%, Goldman Sachs Group Inc. GS, + 0,06% dan American Airlines Group Inc. AAL, + 1,34%.

Jadi, bagaimana gaya investasi Warren Buffett dibandingkan dengan pasar yang lebih luas? Antara 1964 dan 2017, Berkshire Hathaway melihat keuntungan total 2.404.748%, dibandingkan dengan 15.508% untuk indeks S&P 500 SPX, + 0,29%.

Itu adalah kenaikan tahunan sebesar 20,9% untuk Berkshire Hathaway, dan 9,9% untuk S&P 500.

Komentar

x