Find and Follow Us

Rabu, 29 Januari 2020 | 18:59 WIB

PT Astra Lepas Semua Saham di Bank Permata

Senin, 16 Desember 2019 | 07:01 WIB
PT Astra Lepas Semua Saham di Bank Permata
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - PT Astra International Tbk akan menjual seluruh saham Bank Permata atau 44,56% kepada Bangkok Bank Public Company Limited.

Harga pembelian saham tersebut sekitar 1,77 kali dari nilai buku Bank Permata berdasarkan nilai buku yang terakhir yang diterbitkan oleh Bank Permata sebelum penyelesaian transaksi.

Jika berdasarkan nilai buku Bank Permata per 30 September 2019, maka harga pembelian per saham sebesar Rp1.498. Pembayaran akan dilakukan dalam bentuk tunai pada saat penyelesaian transaksi.

Transaksi tersebut seiring dengan pengesahan conditional share purchase agreement (CSPA) pada 12 Desember 2019 antara Astra, Standard Chartered, dan Bangkok Bank.

"Setelah dipenuhinya seluruh persyaratan pendahuluan sebagaimana disepakati para pihak dalam CSPA, termasuk diperolehnya persetujuan dari OJK, dan Bank of Thailand, serta pemegang sahan Bangkok Bank dan Bank Permata atas pengambilan saham Bank Permata oleh Bangkok Bank," tutur Sekretaris Perusahaan, Gita Tiffani Boer melalui keterbukaan BEI, akhir pekan lalu.

Untuk penyelesaian transaksi harus dilakukan selambat-selambatnya 12 bulan setelah tanggal penandatanganan CSPA.

PT Astra melepas sahamnya di Bank Permata sejalan dengan penerapan dari strategi bisnis perseroan. Dengan demikian Astra tidak lagi memiliki saham dalam Bank Permata. Dana yang akan diterima dari transaksi tersebut digunakan untuk investasi perseroan. [tar]

Komentar

x