Find and Follow Us

Minggu, 26 Januari 2020 | 10:30 WIB

Pound Inggris Terus Naik Respon Suhu Politik

Oleh : Wahid Ma'ruf | Jumat, 13 Desember 2019 | 14:03 WIB
Pound Inggris Terus Naik Respon Suhu Politik
(Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, London - Pound Inggris terus diperdagangkan lebih dari 2% setelah Partai Konservatif Perdana Menteri, Boris Johnson memperoleh mayoritas di House of Commons.

Pound melonjak lebih dari 2% dalam perdagangan awal setelah jajak pendapat keluar memproyeksikan mayoritas 86 kursi untuk Partai Konservatif dalam pemilihan umum Inggris.

Tak lama setelah jam 10 malam Waktu London, sebuah survei dari ribuan orang yang baru saja meninggalkan bilik suara menunjukkan bahwa Konservatif berada di jalur untuk mendapatkan sekitar 50 kursi, memastikan mayoritas yang sehat.

Sebagai reaksi, pound naik menjadi $ 1,3451, lebih dari 2% lebih tinggi dari sebelum jajak pendapat diumumkan, dan menyentuh level tertinggi terhadap greenback sejak Juni 2018. Sterling juga melonjak terhadap euro, naik 1,4% menjadi 83,265 pence.

Mata uang Inggris terakhir diperdagangkan pada $ 1,3478 setelah menyentuh tertinggi sebelumnya dari $ 1,3514. Terhadap euro, euro berpindah tangan pada 82,91 pence.

Polling keluar oleh Ipsos Mori ditugaskan oleh Sky News, BBC dan ITV dan umumnya dianggap lebih akurat daripada polling menjelang hari pemilihan.

Partai Konservatif diperkirakan mendapat sekitar 50 kursi dalam pemilihan, sementara Partai Buruh akan kehilangan 71 kursi dari kinerjanya pada tahun 2017. Di Skotlandia, Partai Nasional Skotlandia diperkirakan akan memenangkan sebanyak 55 kursi, memperketat cengkeramannya di utara perbatasan. .

Dalam catatan penelitian singkat, Paul Dales, kepala ekonom di Capital Economics, mengatakan hasilnya, jika akurat, akan membebaskan jalan bagi Perdana Menteri Boris Johnson untuk mendorong melalui rencana Brexit-nya.

"Jika Konservatif memenangkan mayoritas, meloloskan kesepakatan perceraian Brexit dalam beberapa minggu mendatang akan menghilangkan risiko Brexit tanpa kesepakatan pada 31 Januari, mengurangi ketidakpastian langsung dan mengangkat investasi bisnis setidaknya sedikit," kata Dales seperti mengutip cnbc.com.

Analis menambahkan bahwa jika mayoritas besar dari semua pihak lain terwujud maka Johnson sekarang dapat memiliki ruang lingkup untuk "mengabaikan Brexiteers di partainya dan memberikan kepastian pada bisnis dengan memperpanjang periode transisi dengan cepat."

Periode transisi saat ini dijadwalkan akan dimulai segera setelah Penarikan Kesepakatan disahkan melalui Parlemen dan Inggris secara resmi meninggalkan Uni Eropa. Itu diharapkan terjadi pada akhir Januari. Sebagaimana adanya, Inggris dan UE kemudian hanya memiliki waktu hingga Desember 2020 untuk menegosiasikan hubungan masa depan mereka.

Sterling telah kehilangan nilai pada siang hari dan pada satu titik telah kehilangan tiga perempat persen terhadap dolar AS sebelum pulih di jam-jam menjelang jajak pendapat keluar.

Pasar telah memberi harga sebagian besar untuk Partai Konservatif Johnson, dengan celana pendek sterling spekulatif berkurang secara signifikan dalam beberapa bulan terakhir.

Setelah jatuh di bawah $ 1,20 pada awal September setelah Johnson kehilangan mayoritas kerjanya di Parlemen, pound telah pulih sekitar 10% dari nilainya untuk diperdagangkan di atas $ 1,32 ketika para pemilih menuju ke tempat pemungutan suara pada hari Kamis, dengan jajak pendapat akhir YouGov menunjukkan mayoritas 28 kursi untuk partai yang berkuasa.

Pemulihan dimulai ketika Johnson menyetujui kesepakatan Brexit baru dengan Uni Eropa pada 17 Oktober. Pergerakan sterling positif menjelang pemilu menunjukkan bahwa pasar berharap untuk kepastian dalam hal mayoritas Konservatif, yang berarti Johnson kemungkinan akan mengambil Inggris. keluar dari blok pada perjanjian penarikan sebelum batas waktu 31 Januari.

Pound belum sepenuhnya pulih dari kejatuhan bersejarah yang diderita setelah pemungutan suara bersejarah Inggris untuk meninggalkan Uni Eropa pada 23 Juni 2016. Sebelum hasil mulai muncul malam itu, kabel telah naik setinggi $ 1,50 karena para pedagang mendukung pemungutan suara. untuk tetap.

Pada saat hasilnya menjadi jelas, itu turun tepat di atas $ 1,32, sekitar tingkat yang sama dicapai pada Kamis pagi ketika para pemilih menuju ke tempat pemungutan suara tiga setengah tahun kemudian.

Komentar

x