Find and Follow Us

Rabu, 29 Januari 2020 | 19:05 WIB

Investor Lokal Terus Naikkan Harga Saham Aramco?

Oleh : Wahid Ma'ruf | Kamis, 12 Desember 2019 | 17:35 WIB
Investor Lokal Terus Naikkan Harga Saham Aramco?
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Riyadh - Harga saham Saudi Aramco melonjak pada hari kedua perdagangan publik mereka, mendorong rekor IPO kerajaan ke penilaian US$2 triliun yang sangat besar dan dalam waktu sebentar, menyentuh target lama yang dipegang Putra Mahkota Mohammed bin Salman untuk perusahaan.

Saham naik 10% menjadi 38,7 riyal masing-masing (US$10,32) tetapi tergelincir kembali ke 37 riyal dalam beberapa menit dari pembukaan pasar.

Angka tersebut, hampir US$1 triliun lebih tinggi dari perusahaan publik terbesar berikutnya di dunia Microsoft dan Apple, telah lama diejek dan dianggap tidak percaya oleh banyak komunitas keuangan internasional.

Riyadh pada hari Rabu membuat sejarah dengan mendaftarkan 1,5% dari raksasa minyak milik negara di bursa saham lokalnya, Saudi Tadawul, dalam apa yang merupakan IPO terbesar yang tercatat seperti mengutip cnbc.com.

Saham naik terbatas, naik 10% pada harga ketika perdagangan dimulai, memberikan perusahaan penilaian US$1,88 triliun pada hari pertama perdagangan.

Sementara penilaian besar-besaran akan dipandang sebagai kemenangan bagi putra mahkota Saudi. Iitu artinya tidak memiliki kepentingan internasional yang diharapkan kerajaan. Namun, sebaliknya mengandalkan investor lokal setelah perusahaan membatalkan roadshow luar negeri di London dan New York.

IPO yang telah lama ditunggu-tunggu dari perusahaan paling menguntungkan di dunia membentuk inti dari program Vision 2030 Putra Mahkota Mohammed bin Salman yang bertujuan mengubah ekonomi Saudi.

Putra mahkota pertama kali melontarkan gagasan itu pada tahun 2016, pengamat pasar yang memukau dengan sarannya tentang penilaian US$2 triliun. Angka itu diturunkan oleh penasihat keuangan dan bank awal tahun ini ke kisaran antara US$1,5 triliun dan US$1,7 triliun.

Komentar

x