Find and Follow Us

Rabu, 29 Januari 2020 | 19:46 WIB

Sikap Fed Batasi Kenaikan Bursa Saham Eropa

Oleh : Wahid Ma'ruf | Kamis, 12 Desember 2019 | 18:01 WIB
Sikap Fed Batasi Kenaikan Bursa Saham Eropa
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, London - Saham Eropa diperdagangkan secara hati-hati lebih tinggi pada Kamis pagi (12/12/2019) setelah Federal Reserve AS mengisyaratkan bahwa mereka tidak berencana untuk menaikkan suku bunga pada tahun 2020.

Indeks acuan Eropa, Stoxx 600 naik 0,1% pada awal perdagangan, dengan saham teknologi menambahkan 0,6% untuk memimpin kenaikan karena sebagian besar sektor memasuki wilayah positif. Indeks FTSE naik 0,5%, indeks DAX naik 0,4% dan indeks CAC menguat 0,3% seperti mengutip cnbc.com.

The Fed mempertahankan suku bunganya pada pertemuan kebijakan terakhir tahun 2019 pada hari Rabu setelah tiga penurunan suku bunga dalam lima bulan terakhir, tetapi mengisyaratkan bahwa suku bunga akan tetap akomodatif tanpa kenaikan yang diperkirakan pada tahun 2020.

Saham-saham di Asia sebagian besar beringsut lebih tinggi setelah keputusan tersebut, dipimpin oleh kenaikan 1,26% untuk indeks Hang Seng Hong Kong, sementara saham China daratan menawarkan gambaran yang lebih beragam.

Bank Sentral Eropa (ECB) akan mengumumkan keputusan kebijakan moneter terbaru pada Kamis sore, menandai debutnya untuk Presiden baru Christine Lagarde. Investor akan memperhatikan dengan seksama petunjuk tentang keputusan kebijakan masa depan dan indikasi apakah Lagarde akan terus dalam nada yang sama dengan pendahulunya, Mario Draghi.

Kembali ke Eropa, para pemilih menuju ke tempat pemungutan suara pada hari Kamis di pemilihan umum kedua UK sejak pemungutan suara bersejarah untuk meninggalkan Uni Eropa pada 2016. Pemilu itu menjanjikan akan sangat penting bagi nasib Brexit dan kebijakan ekonomi negara itu.

Investor di seluruh dunia juga memantau negosiasi perdagangan antara AS dan China menjelang tenggat waktu hari Minggu untuk tarif baru sebesar $ 160 miliar untuk barang-barang Tiongkok.

Reuters melaporkan, mengutip tiga sumber, bahwa Presiden AS Donald Trump diperkirakan akan bertemu dengan penasihat perdagangan terkemuka pada hari Kamis untuk membahas tarif yang direncanakan, dengan pasar bersiap untuk turbulensi lebih lanjut setelah perang perdagangan yang memar dan berlarut-larut antara dua ekonomi terbesar dunia.

Di depan data, angka produksi industri kawasan euro untuk Oktober dijadwalkan Kamis pagi.

Tullow Oil melanjutkan pemulihan stabilnya dari penurunan 70% pada hari Senin untuk menambah 4,2% di awal perdagangan, sementara kelompok infrastruktur Inggris Balfour Beatty melihat sahamnya naik 3,3% setelah meningkatkan panduan laba setahun penuh,

Komentar

x