Find and Follow Us

Jumat, 13 Desember 2019 | 13:22 WIB

Bursa Saham AS Berpotensi Jatuh

Oleh : Wahid Ma'ruf | Selasa, 3 Desember 2019 | 18:39 WIB
Bursa Saham AS Berpotensi Jatuh
facebook twitter

INILAHCOM, New York - Indeks saham berjangka AS berubah negatif tajam pada hari Selasa (3/12/2019) setelah Presiden Donald Trump mengatakan kesepakatan perdagangan China mungkin tidak terjadi sampai setelah pemilihan 2020.

Sekitar pukul 5:30 pagi waktu ET, Dow futures mengindikasikan penurunan sekitar 100 poin pada pembukaan, setelah diperdagangkan sedikit lebih tinggi di awal sesi. Futures pada S&P dan Nasdaq juga keduanya lebih rendah.

Presiden Trump mengatakan Selasa pagi bahwa mungkin lebih baik menunggu sampai setelah pemilihan 2020 untuk mencapai kesepakatan perdagangan dengan China. "Dalam beberapa hal, saya suka gagasan menunggu sampai setelah pemilihan untuk kesepakatan China, tetapi mereka ingin membuat kesepakatan sekarang dan kita akan melihat apakah kesepakatan itu akan benar," kata Trump kepada wartawan di London seperti mengutip cnbc.com.

Ketika ditanya apakah dia memiliki tenggat waktu kesepakatan, dia menambahkan: "Saya tidak punya batas waktu, tidak ... Dalam beberapa hal, saya pikir lebih baik menunggu sampai setelah pemilihan jika Anda ingin mengetahui kebenarannya."

Pasar sudah kacau setelah seruan Presiden Trump pada hari Senin untuk memberlakukan tarif baja dan aluminium pada impor dari Brasil dan Argentina. Presiden AS menyarankan langkah itu perlu karena Brasil dan Argentina telah "memimpin devaluasi mata uang mereka secara besar-besaran."

Namun, dalam beberapa bulan terakhir, kedua negara telah berusaha untuk memperkuat mata uang masing-masing terhadap dolar.

Tarif perdagangan Amerika Selatan telah menyalakan kembali kekhawatiran yang lebih luas tentang perselisihan yang berlarut-larut antara AS dan China, dengan investor memantau prospek perjanjian terbatas.

Menjelang perjalanannya ke London pada hari Senin, Trump mengatakan dia "sangat senang" dua ekonomi terbesar dunia mengadakan pembicaraan untuk mencoba mengamankan apa yang disebut perjanjian "fase satu". Presiden AS telah bergabung dengan para pemimpin dunia lainnya di ibu kota AS untuk menandai peringatan 70 tahun NATO.

Washington dan Beijing telah memberlakukan tarif pada barang-barang satu sama lain bernilai miliaran dolar sejak awal 2018, menghancurkan pasar keuangan dan memburuknya sentimen bisnis dan konsumen.
Data, penghasilan

Di depan data, laporan keuangan triwulanan terbaru akan dirilis pada pukul 10 pagi waktu ET, dengan angka penjualan kendaraan ringan untuk bulan November ditetapkan untuk mengikuti sedikit kemudian dalam sesi.

Dalam berita perusahaan, Bank of Montreal dan Donaldson keduanya diatur untuk melaporkan pendapatan sebelum bel pembukaan. Salesforce.com dan Marvell Technology adalah di antara perusahaan yang dijadwalkan untuk melaporkan angka terbaru mereka setelah penutupan pasar.

Komentar

x