Find and Follow Us

Jumat, 13 Desember 2019 | 13:33 WIB

Inilah Catatan Investasi Terbaik di 2019

Oleh : Wahid Ma'ruf | Minggu, 1 Desember 2019 | 01:05 WIB
Inilah Catatan Investasi Terbaik di 2019
(Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, New York - Investor yang mengambil pemisahan portofolio sederhana antara obligasi dan ekuitas pada 2019 telah menikmati pengembalian terbaik dalam lebih dari seperempat abad, menurut Pictet Asset Management.

Sentimen pasar pada awal tahun 2019 ini goyah, dengan beberapa analis bertaruh bahwa kenaikan suku bunga AS dan penarikan stimulus bank sentral akan berdampak negatif pada aset.

Tetapi indeks saham S&P 500 telah menawarkan keuntungan melebihi 25% tahun ini. Sementara pada saat yang sama obligasi telah menawarkan pengembalian yang solid karena kekhawatiran perang perdagangan membuat investor mencari keselamatan.

Luca Paolini, kepala strategi di Pictet Asset Management, mengatakan portofolio obligasi ekuitas sederhana 50/50 telah berjalan dengan sangat baik pada tahun 2019.

"Saya pikir apa yang mengejutkan adalah bahwa jika Anda adalah investor global dan Anda menempatkan 50% di ekuitas dan 50% obligasi tahun ini, Anda menghasilkan 16% - ini adalah tahun terbaik sejak '93," katanya seperti mengutip cnbc.com.

Paolini mengatakan setahun yang lalu semua pembicaraan adalah bahwa resesi global, kepercayaan bisnis yang rendah dan negativitas perang perdagangan akan menekan terhadap Federal Reserve yang perlu mengambil panas dari ekonomi AS yang memuncak.

Pada akhir Januari, Goldman Sachs memperkirakan bahwa The Fed akan menaikkan suku bunga empat kali tahun ini. Sebaliknya, dan untuk menyenangkan Gedung Putih, bank sentral sebenarnya menurunkan suku bunga tiga kali, menawarkan dorongan besar bagi pasar.

"Tidak ada yang mengharapkan Fed untuk memotong tiga kali. Semua orang mengharapkan The Fed menaikkan suku bunga. Ini adalah perubahan besar dalam kebijakan moneter, "kata Paolini, yang memperingatkan bahwa The Fed tidak akan dapat mengulangi triknya pada tahun 2020.

"Kita dibiarkan dengan tidak banyak terbalik, terlepas dari potensi pemulihan dalam pertumbuhan," dia memperingatkan.

Paolini mengatakan bahwa strategi 50-50 ekuitas-2019 adalah trik yang tidak mungkin diulangi segera, mengatakan analisis terbaru Pictet menunjukkan pengembalian negatif untuk perpecahan selama prospek lima tahun.

Sementara menurut Direktur Investasi Quilter Cheviot, David Miller mengatakan dia tetap positif untuk tahun 2020.

Miller menilai ekonomi global tidak tampak seperti akan mengarah ke resesi, Dia menambahkan bahwa trik dalam dunia hasil rendah bagi investor adalah menemukan perusahaan yang menghasilkan keuntungan, atau setidaknya membayar dividen.

"Hal-hal ini menjadi lebih berharga, jadi menurut saya tidak mengherankan kita memiliki tahun yang baik."

Komentar

Embed Widget
x