Find and Follow Us

Jumat, 6 Desember 2019 | 23:36 WIB

China Undang Delegasi AS ke Beijing?

Oleh : Wahid Ma'ruf | Kamis, 21 November 2019 | 19:17 WIB
China Undang Delegasi AS ke Beijing?
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, New York - Pejabat perdagangan utama China telah mengundang negosiator AS untuk mengambil bagian dalam putaran baru pembicaraan secara tatap muka, Wall Street Journal melaporkan pada hari Kamis (21/11/2019), mengutip orang-orang yang mengetahui masalah ini.

Selama panggilan telepon yang diperkirakan dilakukan akhir pekan lalu, Wakil Perdana Menteri China, Liu He dilaporkan mengundang Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer dan Menteri Keuangan Steven Mnuchin ke Beijing untuk duduk untuk negosiasi lebih lanjut.

Tidak jelas apakah negosiator AS telah menerima undangan Liu. Namun, laporan Wall Street Journal mengatakan bahwa pejabat perdagangan AS bersedia untuk bertemu dengan rekan mereka dari Tiongkok.

Kantor Perwakilan Perdagangan AS tidak segera tersedia untuk memberikan komentar ketika dihubungi oleh CNBC pada Kamis pagi.

Laporan itu muncul tak lama setelah undang-undang AS tentang Hong Kong mengancam untuk menggagalkan diskusi perdagangan antara dua ekonomi terbesar dunia. Pada hari Rabu, DPR AS mengeluarkan dua RUU yang dimaksudkan untuk mendukung para pemrotes di Hong Kong. Hal itu mendorong Beijing untuk menuduh AS mencampuri urusan dalam negeri.

Secara terpisah, pakar perdagangan dan orang-orang yang dekat dengan pemerintahan Presiden Donald Trump menyarankan agar penyelesaian perjanjian perdagangan terbatas dapat didorong ke 2020, menurut Reuters.

AS dan China telah memberlakukan tarif pada barang satu sama lain bernilai miliaran dolar sejak awal 2018, menghancurkan pasar keuangan dan memburuknya sentimen bisnis dan konsumen.

Komentar

Embed Widget
x