Find and Follow Us

Jumat, 6 Desember 2019 | 23:28 WIB

Ketidakpastian AS-China Tekan Bursa Saham Asia

Oleh : Wahid Ma'ruf | Selasa, 19 November 2019 | 07:45 WIB
Ketidakpastian AS-China Tekan Bursa Saham Asia
facebook twitter

INILAHCOM, Tokyo - Bursa saham di Asia mendorong penurunan pada perdagangan Selasa pagi (19/11/2019) di tengah kekhawatiran atas kondisi negosiasi perdagangan AS-China.

Nikkei 225 Jepang turun 0,21% pada awal perdagangan, dengan saham kelas berat indeks dan pembuat robot Fanuc turun lebih dari 1%. Indeks Topix juga turun 0,14%. Di Korea Selatan, Kospi tergelincir 0,49%.

Untuk indeks ASX 200 di bursa Australia melayang di sekitar garis datar. Risalah rapat dari Reserve Bank of Australia diharapkan akan dirilis sekitar jam 8:30 pagi HK / SIN.

Secara keseluruhan, indeks MSCI Asia ex-Jepang diperdagangkan 0,1% lebih rendah.

Reaksi investor terhadap perkembangan semalam di sekitar pembicaraan perdagangan AS-Cina akan diawasi. Eunice Yoon dari CNBC melaporkan pada hari Senin, mengutip sebuah sumber pemerintah, bahwa Beijing pesimis tentang kesepakatan perdagangan.

China prihatin setelah Presiden AS,Donald Trump mengatakan tidak akan ada pengembalian tarif, Beijing mengira kedua pihak sepakat secara prinsip, Yoon melaporkan.

Itu terjadi setelah sebuah laporan pada akhir pekan oleh media pemerintah China bahwa pembicaraan perdagangan "konstruktif" telah terjadi pada tingkat tinggi antara Beijing dan Washington.

Kedua kekuatan ekonomi telah berupaya mencapai kesepakatan "fase satu", yang diharapkan akan segera ditandatangani, menyusul perang tarif yang telah berlangsung selama lebih dari setahun dan melemahkan sentimen investor.

"Preferensi kami tetap pada memberi bobot lebih pada komentar yang datang langsung dari pejabat yang berurusan dengan negosiasi perdagangan dan pada skor ini tidak ada yang bertentangan dengan pandangan bahwa AS dan China masih bekerja untuk mencapai kesepakatan," Rodrigo Catril, senior valuta asing ahli strategi di National Australia Bank, menulis dalam sebuah catatan seperti mengutip cnbc.com.

Semalam di Amerika Serikat, saham mengakhiri hari perdagangan di Wall Street sedikit berubah di tengah ketidakpastian perdagangan. Dow Jones Industrial Average menambahkan 31,33 poin menjadi 28.036,22. S&P 500 naik secara fraksional menjadi 3.122,03 sementara Nasdaq Composite naik 0,1% menjadi 8.549,94.
Mata uang

Indeks dolar AS, yang melacak greenback terhadap sekeranjang rekan-rekannya, berada di 97,794, mengikuti penurunan dalam beberapa hari terakhir dari level di sekitar 98,4.

Yen Jepang diperdagangkan pada 108,65 melawan dolar setelah menguat dari level di atas 108,8 pada sesi sebelumnya. Dolar Australia berpindah tangan pada $ 0,6806 mengikuti tertinggi di atas $ 0,681 yang terlihat kemarin.

Komentar

Embed Widget
x