Find and Follow Us

Jumat, 6 Desember 2019 | 23:24 WIB

Bursa Saham AS di Rekor Tertinggi

Oleh : Wahid Ma'ruf | Selasa, 19 November 2019 | 05:31 WIB
Bursa Saham AS di Rekor Tertinggi
facebook twitter

INILAHCOM, New York - Benchmark bursa saham AS menambah tertinggi baru sepanjang masa pada hari Senin (18/11/2019), membukukan sedikit kenaikan karena kemajuan menuju apa yang disebut perjanjian perdagangan AS-China yang masih sulit dipahami.

The Dow Jones Industrial Average DJIA, + 0,11% berakhir 31,33 poin, 0,1%, lebih tinggi pada 28.036,22. Sedangkan indeks S&P 500 SPX, + 0,05% naik 1,57 poin menjadi 3.122,03, naik 0,05%. Nasdaq Composite Index COMP, + 0,11% menambahkan 9,11 poin, atau sekitar 0,1%, berakhir pada 8.549,94.

Pembicaraan perdagangan AS-China tetap menjadi pendorong utama untuk ekuitas AS, dengan catatan pekan lalu didukung oleh meningkatnya optimisme bahwa kesepakatan perdagangan fase-satu terbatas akan segera tercapai.

Indeks saham berjangka diperdagangkan lebih tinggi pada Senin pagi setelah outlet media pemerintah China Xinhua, mengatakan Wakil Perdana Menteri China, Liu He, negosiator perdagangan utama negara itu. Dia mengadakan pembicaraan telepon dengan Wakil Perdagangan AS, Robert Lighthizer dan Menteri Keuangan, Steven Mnuchin pada hari Sabtu, menggambarkan diskusi sebagai "konstruktif."

Pasar berjangka membalikkan kenaikan tersebut dalam satu jam sebelum dimulainya perdagangan setelah laporan berita meragukan optimisme Beijing terhadap kesepakatan:

"Kami telah naik di pasar perdana semalam, dan pasar berbalik lebih rendah menunjukkan bahwa investor harus mengambil optimisme perdagangan dengan sebutir garam," Lindsey Bell, kepala strategi investasi dengan Ally Invest, mengatakan kepada MarketWatch.

"Situasinya sangat berubah-ubah, dan dengan pasar pada titik tertinggi sepanjang masa, yang memberi Presiden Trump lebih percaya diri untuk mengambil garis keras dengan China," kata Bell. "Selama setahun terakhir, ketika pasar mencapai puncak baru, perdagangan biasanya adalah apa yang menyebabkan kita turun."

Pemerintahan Trump pada hari Senin mengeluarkan perpanjangan lisensi selama 90 hari yang memungkinkan perusahaan-perusahaan AS untuk terus melakukan bisnis dengan raksasa telekomunikasi China Huawei Technologies Co. Huawei ditambahkan ke daftar entitas terbatas federal awal tahun ini, yang diduga bekerja melawan AS kepentingan keamanan nasional. Statusnya telah dilihat sebagai masalah utama dalam negosiasi perdagangan.

Sementara itu, bank sentral China pada hari Senin menurunkan suku bunga pada operasi pasar terbuka terbalik pembelian reguler untuk pertama kalinya sejak Oktober 2015 dalam upaya untuk meningkatkan kepercayaan pasar dan mendukung pertumbuhan yang melambat.

Para analis mengatakan mereka juga mengawasi Hong Kong, ketika protes berlanjut dan polisi menyerbu kampus universitas setelah pengepungan semalaman.

Ada sedikit pada kalender ekonomi Senin. National Association of Home Builders mengatakan indeks kepercayaan pembangun naik satu poin lebih rendah pada November, tetapi tetap mendekati level tertinggi untuk 2019.

Saham Boeing Co. BA, -0,60% turun 0,6% Senin bahkan setelah mengumumkan bahwa SunExpress menggunakan opsi untuk 10 pesawat 737 MAX 8 tambahan, dengan nilai US$1,2 miliar, sesuai dengan daftar harga. Pesanan tersebut menambah 32 pesawat MAX sebelumnya yang dipesan oleh SunExpress.

Saham Ford Motor Co F, + 0,00% turun 0,5% setelah pembuat mobil mengumumkan hari Minggu "Mustang Mach E," SUV all-electric pertama.

HP Inc. HPQ, -0,84% menolak tawaran pengambilalihan $ 33,5 miliar dari Xerox Holdings Corp. XRX, + 0,92% pada hari Minggu, mengatakan tawaran tunai dan saham meremehkan perusahaan. Dewan HP mengatakan masih terbuka untuk mengeksplorasi opsi lain untuk konsolidasi. Saham Xerox naik, sementara saham HP ditutup 0,9% lebih rendah.

Home Depot Inc. HD, + 0,07% melihat saham menyentuh tertinggi sepanjang masa menjelang laba pada hari Selasa. Analis mengantisipasi kenaikan dalam aktivitas renovasi rumah. Saham ditutup 0,7% lebih tinggi.

Saham MedMen Enterprises Inc. MMNFF, -23,06% kehilangan 23,1% setelah perusahaan ganja mengumumkan PHK dan rencana untuk menjual aset.

Saham Karuna Therapeutics Inc. KRTX, -3,70% melonjak 442% untuk mengangkat kapitalisasi pasar perusahaan biofarmasi menjadi jauh di atas $ 2 miliar, setelah uji coba fase 2 pengobatan skizofrenia memenuhi titik akhir utamanya.

Hasil pada catatan Treasury AS 10-tahun TMUBMUSD10Y, -0,70% turun 2 basis poin untuk diperdagangkan pada 1,81% setelah jatuh 9,7 basis poin selama lima hari perdagangan sebelumnya di tengah data ekonomi global yang beragam.

Di pasar komoditas, satu barel minyak mentah West Texas Intermediate untuk pengiriman Desember CLZ19, -1,46% mundur, setelah mencapai tertinggi delapan minggu pekan lalu. Pada hari Minggu, Saudi Aramco mengatakan akan bertujuan untuk penilaian 1,6 triliun dolar AS menjadi 1,7 triliun dolar AS dari rencana penawaran umum perdana raksasa energi milik negara itu.

Angka ini di bawah US$2 triliun awal yang ditargetkan oleh Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman. Itu masih akan membuat debut perdagangan raksasa minyak itu sebagai IPO terbesar yang pernah ada di dunia berdasarkan penilaian.

Harga emas untuk pengiriman Desember GCZ19, + 0,23% naik US$3,60 atau 0,3%, menjadi US$1.472,10 per ounce di Comex, memotong kerugian sebelumnya karena keraguan atas perdagangan AS-China naik.

Dolar AS naik sekitar 0,2% lebih rendah relatif terhadap sekeranjang saingan perdagangannya, menurut ICE Dolar AS indeks DXY, -0,19%.

Di Asia semalam, saham diperdagangkan lebih tinggi, dengan China CSI 300 000300, + 0,80% naik 0,8%, Nikkei 225 NIK Jepang, + 0,49% naik 0,5% dan Hang Seng HSI Hong Kong, + 1,35% naik 1,4%.

Di Eropa, saham berakhir beragam; Stoxx Europe 600 SXXP, -0,01% turun sedikit menjadi berakhir pada 405,99.

Komentar

Embed Widget
x