Find and Follow Us

Minggu, 8 Desember 2019 | 15:53 WIB

Buffett Kurangi Saham Apple, Beli Saham Tambang

Oleh : Wahid Ma'ruf | Sabtu, 16 November 2019 | 15:55 WIB
Buffett Kurangi Saham Apple, Beli Saham Tambang
(Foto: Ilustrasi)
facebook twitter

INILAHCOM, New York - Berkshire Hathaway, perusahaan investsai yang didirikan miliarder saham Warren Buffett telah menjual lebih dari 750.000 saham Apple dan lebih dari 31 juta saham Wells Fargo (WFC) di kuartal III 2019.

Tetapi memegang saham yang ada di 10 saham teratas lainnya dalam portofolionya tidak berubah. Sementara itu, perusahaan yang dijalankan Warren Buffett ini juga mengambil posisi baru di RH dan Occidental.

Buffett membeli 1,2 juta saham rantai furnitur kelas atas yang sebelumnya bernama Restoration Hardware, bernilai sekitar US$206 juta serta 7,5 juta saham raksasa minyak senilai sekitar US$332 juta. Taruhannya masing-masing akun sekitar 0,1% dari aset portofolio Berkshire seperti mengutip finance.yahoo.com.

Awal tahun ini, Berkshire Hathaway menginvestasikan US$10 miliar di Occidental untuk membantu mengamankan pendanaan untuk akuisisi Andarko Petroleum senilai US$38 miliar.

Pengajuan 13F menunjukkan Berkshire Hathaway menurunkan kepemilikannya di Wells Fargo sebesar 7%, di Phillips 66 (PSX) sebesar 6% dan di Sirius XM (SIRI) sebesar 1%.

Di Q2, Berkshire meninggalkan posisinya tidak berubah di saham Apple, yang tetap menjadi saham No. 1 dalam portofolio Buffett dengan 26% aset, sesuai dengan pengajuan 13F yang dilacak oleh Whalewisdom.com.

Saham RH melonjak 7,6% menjadi 188,58 di pasar saham hari ini, tembus di atas garis 50-hari. Occidental naik 3,15%, Apple naik 1,2% dan Wells Fargo menambahkan 0,6%.
Manajemen Appaloosa

Appaloosa Management milik David Tepper tumbuh di tiga posisi terbesarnya: Alfabet (GOOG) sebesar 106%, Facebook sebesar 52%, dan Amazon (AMZN) sebesar 43%. Dana tersebut meningkatkan posisi Micron Technology (MU) sebesar 566% dan membuang Centene (CNC) seluruhnya, setelah mengambil saham pada kuartal sebelumnya.

Manajemen Modal Pershing Square milik Bill Ackman mencampakkan ADP (ADP), yang pertama kali diperolehnya pada Q2 2017 dan yang terbaru menyumbang 10% dari portofolio. Itu tumbuh sahamnya di Berkshire Hathaway, yang telah diambil di Q2 - sebesar 14%.

Dana tersebut untuk membeli sekitar setengah juta saham Kelas B dari saham Berkshire di Q3, menjadikan totalnya lebih dari 4 juta saham. Kepemilikan teratas dalam portofolio berdasarkan bobot, Restaurant Brands (QSR) dan Chipotle Mexican Grill (CMG), mendapat potongan rambut masing-masing 3%.
Poin ketiga

Investor aktivis Dan Loeb dari Third Point Management aktif di Q3, menambah dan membuang beberapa saham. Pembelian baru dana terbesar di kuartal ini adalah Allergan (AGN), yang mana membeli 3,6 juta saham senilai US$605,8 juta. Itu terjual habis dari Netflix (NFLX).

Di antara tiga saham teratas dalam portofolio, Third Point mempertahankan sahamnya di United Technologies (UTX) tetapi menurunkan Baxter International (BAX) sebesar 26% dan Campbell Soup (CPB) sebesar 8%. Loeb mencari pemecahan raksasa industri United Technologies dan menentang rencana merger perusahaan itu dengan kontraktor pertahanan Raytheon (RTN).

Komentar

Embed Widget
x