Find and Follow Us

Minggu, 8 Desember 2019 | 15:43 WIB

Bursa Saham Eropa di Jalur Penguatan

Oleh : Wahid Ma'ruf | Jumat, 15 November 2019 | 15:11 WIB
Bursa Saham Eropa di Jalur Penguatan
facebook twitter

INILAHCOM, London - Bursa saham Eropa dibuka lebih tinggi pada Jumat pagi (15/11/2019) karena para pedagang mencerna suara optimis dari Gedung Putih pada kesepakatan perdagangan prospektif antara AS dan China.

Indeks acuan Eropa, Stoxx 600 melonjak 0,5% pada pembukaan, dengan sumber daya dasar naik 1,6% untuk memimpin kenaikan karena semua sektor dan bursa utama diperdagangkan di wilayah positif. Indeks FTSE turun 0,8%, indeks DAX masih stagnan dan indeks CAC masih stagnan seperti mengutip cnbc.com.

Penasihat ekonomi Gedung Putih, Larry Kudlow mengklaim pada hari Kamis bahwa fase pertama dari perjanjian perdagangan antara dua ekonomi terbesar dunia adalah "semakin dekat," menurut Reuters. Sementara juru bicara Kementerian Perdagangan China Gao Feng melanjutkan seruan Beijing untuk penghapusan tarif yang ada.

Saham-saham di Asia Pasifik sebagian besar menguat pada hari Jumat karena investor bereaksi terhadap perkembangan tersebut, dengan indeks Korea Selatan dan Australia memimpin kenaikan.

Kembali di Eropa, eksekutif Uni Eropa meluncurkan kasus hukum terhadap Inggris pada hari Kamis karena gagal menunjuk seorang wakil baru di Komisi Eropa. Sementara data Kamis mengungkapkan bahwa belanja konsumen Inggris melambat pada bulan Oktober, semakin menambah kecurigaan bahwa ekonomi kehilangan momentum menjelang Pemilihan umum bulan Desember.

Neraca perdagangan Eropa dan data inflasi jatuh tempo pada pukul 10:00 waktu London.

Komentar

Embed Widget
x