Find and Follow Us

Jumat, 15 November 2019 | 19:50 WIB

Alibaba Raih US13 M dalam Satu Jam

Oleh : Wahid Ma'ruf | Senin, 11 November 2019 | 08:11 WIB
Alibaba Raih US13 M dalam Satu Jam
(Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Beijing - Raksasa e-commerce China, Alibaba mengatakan pada hari Senin bahwa penjualan untuk belanja tahunan atau Singles Day mencapai 91,2 miliar yuan (US$13 miliar) dalam satu jam pertama, naik 32% dari tangkapan awal tahun lalu sebesar 69 miliar yuan.

Bersamaan dengan Black Friday dan Cyber Monday di Amerika Serikat, Singles Day telah dipromosikan sebagai festival belanja oleh Ketua dan Kepala Eksekutif Alibaba, Daniel Zhang sejak 2009. Kesempatan berkembang pesat untuk menjadi acara penjualan online terbesar di dunia.

Juga dikenal sebagai "Double Eleven", nama festival berasal dari tanggal kalender 11/11, dengan empat yang merujuk sebagai lajang. Alibaba melihat penjualan senilai US$30 miliar pada platformnya pada Hari Singles tahun lalu, mengerdilkan US$7,9 miliar penjualan online AS untuk Cyber Monday seperti mengutip cnbc.com.

Namun pertumbuhan penjualan 27% adalah yang terendah dalam sejarah 10 tahun acara tersebut, mendorong pencarian untuk ide-ide segar.

Raksasa ritel China US$486.000.000.000 memulai festival belanja 24 jam tahun ini dengan pertunjukan oleh bintang pop Amerika Taylor Swift dan selebriti lokal seperti Jackson Yee.

Ini adalah pertama kalinya Hari Singles Alibaba tidak memiliki rekan pendiri flamboyan Jack Ma, setelah ia mengundurkan diri pada bulan September sebagai ketua.

Itu juga datang pada saat yang sangat penting bagi perusahaan, yang ingin mengumpulkan hingga $ 15 miliar melalui penjualan saham di Hong Kong bulan ini.

Alibaba terus mendominasi industri belanja online, tetapi bukan tanpa persaingan.

Selain saingan lama JD.com, sekarang menghadapi persaingan dari pemula Pinduoduo, yang melonjak dalam popularitas pada tahun 2017 dengan menargetkan konsumen di kota-kota Cina yang lebih rendah.

Komentar

Embed Widget
x