Find and Follow Us

Rabu, 11 Desember 2019 | 05:26 WIB

Berapa Total Pajak Bill Gates?

Oleh : Wahid Ma'ruf | Minggu, 10 November 2019 | 00:17 WIB
Berapa Total Pajak Bill Gates?
Bill Gates - (Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, New York - Bill Gates, salah satu pendiri Microsoft dan seorang dermawan di belakang yayasan amal terbesar di dunia, mengatakan akan mempertimbangkan berapa banyak yang harus ia bayarkan untuk calon presiden dari Partai Demokrat, Senator Elizabeth Warren yang mengusulkan pajak kekayaan.

Gates membuat tawa di Konferensi New York Times DealBook, Rabu (6/11/2019). "Tapi, Anda tahu, ketika Anda mengatakan saya harus membayar US$100 miliar, ya, maka saya mulai melakukan sedikit perhitungan tentang apa yang tersisa," katanya seperti mengutip marketwatch.com.

"Maaf, aku hanya bercanda. Jadi Anda benar-benar ingin sistem insentif ada di sana dan Anda bisa menempuh jalan panjang tanpa mengancam itu. "

Namun, debat yang berlangsung sejak itu benar-benar serius: Jika FBI mengambil potongan besar dari keuntungan 1% untuk mendanai upaya seperti perawatan kesehatan yang terjangkau dan kuliah gratis, apa artinya bagi filantropi dan kegiatan amal yang menguntungkan dari anugerah kaya uber?

Di bawah "pajak ultra-jutawan Warren", rumah tangga yang menghasilkan setidaknya $ 50 juta akan membayar pajak 2% untuk setiap dolar di atas jumlah itu dan kemudian pajak 3% untuk setiap dolar dengan nilai bersih di atas $ 1 miliar.

Gates - diperkirakan bernilai $ 106 miliar, menurut Forbes - harus membayar hampir $ 6 miliar setiap tahun sebagai tambahan pajak lainnya, menurut Andrew Ross Sorkin, jurnalis dan pembawa acara DealBook Conference.

Gates juga merupakan ketua bersama Yayasan Bill dan Melinda Gates, yang telah memberikan $ 50,1 miliar untuk kesehatan global dan penyebab lainnya sejak didirikan pada tahun 2000. "Hingga saat ini, kami telah berkomitmen lebih dari $ 2,9 miliar dalam bentuk hibah untuk memerangi malaria . Selain itu, kami telah berkomitmen $ 2 miliar untuk Dana Global untuk Memerangi AIDS, TBC dan malaria, "menurut situs web yayasan.

Bill dan Melinda Gates dan Warren Buffett, CEO Berkshire Hathaway BRK.B, -0,64%, juga merupakan pencipta Giving Pledge, yang para penandatangannya yang kaya berjanji untuk menyumbangkan lebih dari setengah kekayaan mereka untuk filantropi, baik selama masa hidup mereka atau dalam hidup mereka. akan.

Gates secara pribadi telah memberikan $ 35,8 miliar selama masa hidupnya, seperempat dari kekayaan bersihnya, sementara Buffett telah menyumbangkan $ 38,78 miliar, yang hampir sepertiga dari kekayaan bersihnya, menurut Forbes. "Saya telah membayar lebih dari $ 10 miliar dalam bentuk pajak . Saya sudah membayar lebih dari siapa pun dalam pajak, "Gates mengatakan kepada konferensi. Dia bilang dia senang melakukannya. "Jika saya harus membayar $ 20 miliar, tidak apa-apa."

Dia menambahkan, "Anda benar-benar ingin sistem insentif ada di sana, dan Anda bisa pergi jauh tanpa mengancam itu."

Warren, sebagai tanggapan, men-tweet: "" Saya selalu senang bertemu dengan orang-orang, bahkan jika kita memiliki pandangan yang berbeda. Jika kami mendapat kesempatan, saya ingin menjelaskan dengan tepat berapa banyak yang Anda bayarkan di bawah pajak kekayaan saya. (Saya berjanji ini bukan $ 100 miliar.) "

Setelah komentar Gates, profesor University of California, Berkeley, Gabriel Zucman, salah satu penasihat Warren dalam proposal pajaknya, mengatakan Gates masih akan mendapatkan tarif yang cukup baik di bawah pajak yang diusulkan Warren.

Jika pajak kekayaan telah berlaku sejak 1982, Gates masih akan memiliki $ 13,9 miliar yang tersisa, menurut Zucman. Buffett masih akan memiliki $ 10,4 miliar, sekitar $ 88 miliar, estimasi ekonom.

"Jadi, memilih Trump ?," Zucman bertanya kepada Gates di Twitter TWTR, + 0,55%.

Komentar

Embed Widget
x