Find and Follow Us

Rabu, 20 November 2019 | 21:44 WIB

PT Hotel Mandarine Masuk Bisnis Land Banking

Rabu, 23 Oktober 2019 | 07:05 WIB
PT Hotel Mandarine Masuk Bisnis Land Banking
(Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - PT Hotel Mandarine Regency Tbk (HOME) kan segera mengubah rencana penggunaan dana hasil penawaran umum dari semula untuk modal kerja menjadi penyertaan modal kepada PT Tisarana Inti Semesta, modal kerja, dan renovasi hotel.

Presiden Direktur Hotel Mandarine Regency, Roger Morrison, mengatakan, hal tersebut menunggu persetujuan melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang akan dilaksanakan pada 14 November 2019 mendatang.

Roger mengungkapkan, perseroan melakukan penyertaan saham kepada Tisarana Inti Semesta dengan tujuan ke depannya akan mengembangkan proyek properti dengan konsep land banking, yaitu penyediaan lahan dengan pembangunan yang direncanakan jauh ke depan Demikian mengutip keterbukaan informasi di BEI, Selasa (22/10/2019).

Dengan demikian, diharapkan tanah sebagai komponen basic cost pengembangan proyek dapat diperoleh dengan efisien, sehingga menjadi layak untuk dibangun proyek-proyek perseroan.

Pihaknya berharap, dengan konsep land banking properti milik perseroan akan mempunyai nilai tambah yang signifikan.

Rogers menjabarkan, perseroan menerapkan konsep land banking pada penyertaan saham pada Tisarana Inti Semesta antara lain tersedianya lahan untuk pembangunan sehingga rencana tidak terhambat, efisiensi ditinjau dari penghematan dalam proses pembebasan lahan, dapat mengendalikan mekanisme pasar tanah yang menjamin efisiensi dan rasionalitas harga tanah, serta efisiensi dan menjamin nilai tanah yang wajar.

Terkait renovasi bangunan hotel, perseroan berencana melakukan renovasi pada hotel yang dimiliki di Pulau Batam secara bertahap dari dana hasil Penawaran Umum Terbatas II, di mana hotel tersebut telah berhenti beroperasi sejak Agustus 2018. HOME akan menggunakan sebagian dana hasil Penawaran Umum Terbatas II untuk keperluan modal kerja perseroan.

PT Hotel Mandarine Regency Tbk (dahulu PT Batam Jaya Hotel) (HOME) didirikan tanggal 28 Oktober 1986 dan memulai kegiatan usaha komersial sejak tanggal 30 Oktober 1996.

Pemegang saham yang memiliki 5% atau lebih saham Hotel Mandarine Regency Tbk adalah Sea Links Investment Ltd (28,00%), PT Raco Indoland (20,74%), CIMB Securities (Singapore) Pte. Ltd (9,79%), Victor Surdjono (8,62%) dan Radius Wibowo (8,56%). Saham publik sebesar 58,9%.

Kegiatan bisnis HOME adalah bidang perhotelan (termasuk penyediaan kamar untuk menginap, penyediaan tempat dan pelayanan makan minum, pelayanan pencucian pakaian/binatu, dan penyediaan fasilitas akomodasi dan pelayanan lain, yang diperlukan bagi penyelenggaraan kegiatan usaha hotel). Hotel yang dimiliki HOME adalah Goodway Hotel.

Pada tanggal 03 Juli 2008, HOME memperoleh pernyataan efektif dari Bapepam-LK untuk melakukan Penawaran Umum Perdana Saham HOME (IPO) kepada masyarakat sebanyak 300.000.000 dengan nilai nominal Rp100 per saham dengan harga penawaran Rp110 per saham dan disertai sebanyak 198.000.000 Waran Seri I. Saham dan Waran Seri I tersebut dicatatkan pada Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tanggal 17 Juli 2008. [nes]

Komentar

x