Find and Follow Us

Jumat, 15 November 2019 | 10:01 WIB

Susunan Kabinet Cerminkan Keberpihakan Jokowi

Oleh : Wahid Ma'ruf | Rabu, 16 Oktober 2019 | 13:17 WIB
Susunan Kabinet Cerminkan Keberpihakan Jokowi
Presiden Joko Widodo - (Foto: Inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Teka teki kabinet Jokowi Jilid II kian hari kian menambah penasaran masyarakat. Apalagi Joko Widodo bakal dilantik menjadi presiden untuk periode kedua.

Bagitu resmi menjadi presiden lagi maka rumor susunan kabinet akan sering bermunculan. Sebab sosok menteri yang dirami Jokowi akan mencerminkan sikap dan keberpihakan untuk lima tahun mendatang.

Bisa jadi kabinet akan banyak diwarnai sosok yang berasal dari parpol. Atau susunan kabinet yang berisi kombinasi antara politikus dan para profesional. Bahkan menjadi kejutan kalau Jokowi berani memasang sosok yang mayoritas dari kalangan profesional.

Bagaimana harapan pelaku pasar terhadap komposisi Jokowi kali ini? "Buat saya sih, yang berada di pasar modal, susunan kabinet Jokowi tetap dinanti," kata praktisi pasar modal, Satrio Utomo Purnomo seperti mengutip dalam status facebook pribadinya.

Dari susunan kabinet kali ini, akan dapat ditafsirkan kebijakan Jokowi ke depan, yang kali ini bekerja sama dengan Ma'ruf Amin sebagai wakil presiden. "Susunan kabinet itu menentukan, kemana keberpihakan dari Jokowi. Apakah pada politisi yang cenderung korup atau (keberpihakan) kepada Rakyat. Semoga ke depan bisa lebih baik," jelasnya.

Pasar akan mencerna komposisi kabinet yang akan diumumkan Jokowi. Hal itu tercermin dari naik atau turunnya indeks dengan kabinet baru nantinya.

Untuk kabinet kerja periode I akan berakhir sebelum hari pelantikan presiden terpilih pada 20 Oktober 2019 mendatang.

Komentar

Embed Widget
x