Find and Follow Us

Rabu, 11 Desember 2019 | 05:21 WIB

Harga Emas Naik Saat Kecemasan Landa Bursa

Oleh : Wahid Ma'ruf | Selasa, 15 Oktober 2019 | 06:33 WIB
Harga Emas Naik Saat Kecemasan Landa Bursa
(Foto: ist)
facebook twitter

INILAHCOM, New York - Harga emas naik pada hari Senin (14/10/2019) karena optimisme atas potensi kesepakatan perdagangan AS-China berkurang. Sementara paladium mencapai tertinggi sepanjang masa didorong oleh pasokan pendek dari logam katalis otomatis.

Spot gold naik 0,3% pada US$1.493,33 per ons, setelah menyentuh hampir dua minggu terendah dari US$1.473,90 di sesi sebelumnya. Emas berjangka AS menetap 0,6% lebih tinggi pada US$1.497,6 per ounce.

"Penilaian ulang, itulah sebabnya emas melihat sedikit fluktuasi di bawah 1.500, itu penilaian ulang dari kesepakatan perdagangan China, Brexit dan apa yang Federal Reserve AS mungkin atau mungkin tidak lakukan ke depan," kata George Gero, direktur pelaksana RBC Manajemen Kekayaan seperti mengutip cnbc.com.

"Indeks dolar naik dan menjaga emas dari reli besar, karena investor internasional membeli sekuritas AS menggunakan dolar."

China ingin mengadakan putaran perundingan dagang lagi pada akhir Oktober untuk memaparkan perincian lebih lanjut sebelum Presiden Tiongkok, Xi Jinping setuju untuk menandatangani kesepakatan perdagangan yang digariskan oleh Presiden AS Donald Trump, Bloomberg melaporkan.

Indeks dolar terhadap sekeranjang enam mata uang utama naik 0,2% dan pasar saham global merosot karena optimisme perdagangan melemah setelah laporan.

Sementara itu, Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin mengatakan putaran tambahan tarif untuk impor Tiongkok dapat diberlakukan jika kesepakatan perdagangan dengan China belum tercapai pada 15 Desember.

"Berita bahwa Cina ingin melakukan lebih banyak pembicaraan sebelum kesepakatan perdagangan adalah sesuatu yang menenggelamkan optimisme yang datang pada hari Jumat setelah pengumuman besar dari Presiden Trump," kata Edward Moya, seorang analis pasar senior di OANDA.

"Tren bullish keseluruhan (untuk emas) masih utuh. Ada banyak alasan mengapa Anda melihat permintaan dari seluruh dunia. "

Di sisi Eropa, investor akan fokus pada pertemuan puncak antara Uni Eropa dan Inggris di Brussels akhir pekan ini, dengan kesepakatan untuk memperlancar kepergian Inggris dari UE tergantung pada keseimbangan karena para diplomat mengindikasikan blok itu mendorong untuk lebih banyak konsesi.

Pada logam mulia lainnya, paladium naik sekitar 1% menjadi US$1.715,49 per ounce. Logam katalis otomatis, yang dalam pasokan pendek, mencapai rekor tertinggi US$1.720,97 pada awal sesi.

Perak naik 0,8% menjadi US$17,67 per ons dan platinum naik 0,1% lebih tinggi menjadi US$890,12.

Komentar

x