Find and Follow Us

Kamis, 17 Oktober 2019 | 00:23 WIB

Jasa Marga Garap Tol Manado-Bitung Sesuai Jadwal

Jumat, 11 Oktober 2019 | 08:37 WIB
Jasa Marga Garap Tol Manado-Bitung Sesuai Jadwal
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - PT Jasa Marga Tbk (JSMR) melalui PT Jasamarga Manado Bitung, anak usaha selaku pengelola jalan tol ManadoBitung, berusaha menyelesaikan pembangunannya sesuai jadwal.

Jalan tol Manado-Bitung memiliki total panjang 39 kilometer dengan skema pembiayaan kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU) yang terdiri atas dua paket pekerjaan.

Paket 1 sepanjang 14 km merupakan ruas, konstruksinya dilakukan pemerintah melalui dana dukungan infrastruktur atau viability gap fund. Paket tersebut terbagi atas seksi 1A (Manado-Sukur) sepanjang 7 km dan seksi 1B (Sukur-Air Madidi) sepanjang 7 km.

Sementara Paket 2 sepanjang 25 km menggunakan dana dari yaitu PT Jasamarga Manado Bitung, yang juga terbagi atas dua seksi. Untuk seksi 2A (Air MadidiDanowudu) sepanjang 11,50 km dan seksi 2B (DanowuduBitung) sepanjang 13,50 km.

"Hingga akhir September 2019, progres konstruksi untuk paket 2 Air MadidiBitung telah mencapai 50,27% dan pembebasan lahan 93,20%. Untuk masing-masing seksi, progres konstruksi seksi 2A sudah mencapai 89,40% dan seksi 2B progres konstruksi mencapai 31,20%," kata Direktur Utama PT Jasamarga Manado Bitung, George I.M.P. Manurung di Jakarta kemarin.

George mengungkapkan, beberapa pekerjaan utama saat ini dikejar di tiap-tiap seksi untuk mengejar target penyelesaian konstruksi pada triwulan II tahun depan.

"Di seksi 2A, kami sedang menyelesaikan pekerjaan Simpang Susun Kauditan, kantor, dan gerbang tol yang ditargetkan dapat selesai akhir tahun ini. Sementara itu, seksi 2B dilakukan penyelesaian pekerjaan jembatan, crossing, drainase, dan jalan utama, serta Simpang Susun Danowudu yang ditargetkan dapat selesai tahun depan," papar dia.

Sementara itu, untuk progres konstruksi untuk Paket 1 dengan rincian seksi 1A dan 1B telah selesai 100%. Pembebasan sejumlah lahan di seksi 2B juga masih terkendala. [tar]

Komentar

Embed Widget
x