Find and Follow Us

Rabu, 16 Oktober 2019 | 23:38 WIB

Bursa Saham Eropa Bergerak Terbatas

Oleh : Wahid Ma'ruf | Senin, 7 Oktober 2019 | 15:03 WIB
Bursa Saham Eropa Bergerak Terbatas
(Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, London - Pasar saham Eropa diperdagangkan hati-hati pada Senin pagi karena para pedagang mencari petunjuk tentang arah pembicaraan perdagangan Brexit dan AS-China.

Indeks acuan Eropa Stoxx 600 beringsut di bawah garis datar di awal perdagangan, turun 1% sementara saham perawatan kesehatan memimpin kenaikan, naik 0,8% karena sebagian besar sektor dan bursa utama merosot ke merah. Indeks FTSE cenderung turun 0,08%, indeks DAX turun 0,1% dan indeks CAC melemah 0,2% seperti mengutip cnbc.com.

Saham didukung pada Jumat oleh laporan pekerjaan positif dari AS yang meredakan kekhawatiran perlambatan ekonomi terbesar di dunia. Namun, kehati-hatian diperkirakan akan kembali pada hari Senin dengan putaran baru perundingan perdagangan AS-China yang akan dimulai akhir pekan ini.

Saham Asia diperdagangkan beragam Senin sore karena investor menunggu arahan tentang bagaimana negosiasi kemungkinan akan berlangsung. Bloomberg News melaporkan pada hari Minggu bahwa para pejabat China telah mempersempit ruang lingkup masalah yang ingin mereka diskusikan, dengan Wakil Perdana Menteri Liu He dilaporkan mengatakan kepada pejabat tinggi bahwa Beijing tidak akan melakukan reformasi kebijakan industri atau subsidi pemerintah.

Sementara Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson pada hari Minggu mendesak Presiden Prancis, Emmanuel Macron untuk "mendorong maju" untuk mengamankan kesepakatan Brexit dan menegaskan kembali niatnya bagi Inggris untuk meninggalkan Uni Eropa pada 31 Oktober. Macron mengatakan Uni Eropa akan memutuskan pada akhirnya minggu ini apakah kesepakatan akan dimungkinkan berdasarkan proposal terbaru Johnson, yang telah ditolak secara luas di Brussels.

Partai Sosialis (PS) yang berkuasa di Portugal memenangkan pemilihan parlemen pada hari Minggu tetapi tidak mencapai mayoritas, berarti Perdana Menteri Antonio Costa akan kembali ke meja perundingan dengan satu atau kedua sekutu sayap kiri yang terdiri dari pemerintahan sebelumnya.

Dalam berita perusahaan, Financial Times melaporkan pada hari Minggu mengutip dua orang memberikan penjelasan tentang masalah bahwa HSBC berencana untuk memotong hingga 10.000 pekerjaan dalam upaya untuk mengurangi biaya.

Pembuat chip Austria AMS mengatakan pada hari Jumat bahwa tawaran pengambilalihan untuk kelompok pencahayaan Jerman Osram telah gagal, gagal memenuhi persyaratan 62,5% yang disyaratkan pemegang saham.

Di sisi data, pesanan industri Jerman untuk Agustus turun lebih dari yang diperkirakan pada permintaan domestik yang lebih lemah, memperkuat kekhawatiran bahwa kemerosotan manufaktur memimpin ekonomi terbesar Eropa menuju resesi.

Dalam hal saham individu, saham Lundin Petroleum melonjak ke kenaikan 4,6%, memimpin Stoxx 600, sementara saham Osram Licht turun 3,8% di balik tawaran pengambilalihan yang gagal dari AMS.

Perusahaan perlengkapan bangunan Inggris, Travis Perkins turun 4,3% ke dasar indeks blue chip Eropa setelah mengeluarkan peringatan laba.

Komentar

Embed Widget
x