Find and Follow Us

Rabu, 22 Januari 2020 | 19:10 WIB

Ini Proyek PT Waskita Karya di Calon Ibukota Baru

Jumat, 27 September 2019 | 15:01 WIB
Ini Proyek PT Waskita Karya di Calon Ibukota Baru
PT Waskita Karya Tbk (WSKT) - (Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - PT Waskita Karya Tbk (WSKT) segera membangun ruas tol yang menghubungkan Kota Balikpapan dengan Kabupaten Penajam Paser Utara melalui anak usaha PT Waskita Toll Road yang akan menjadi ibukota yang baru.

Direktur Keuangan Haris Gunawan menyatakan, saat ini kajian pemindahan Ibu Kota baru masih ada di Bappenas dan akan selesai pada akhir tahun ini. Selanjutnya, pada 2020 akan ada regulasi dari rencana induk atau master plan dan pemindahan dilakukan pada 2022-2024.

"Waskita mendukung dari sisi teknologi dan pembiayaan. Kemampuan kami akan lebih fleksibel. Pembangunan masih 2022-2024, Kalau kajian sudah selesai akhir tahun, kita akan masuk," ujar Haris melalui pernyataannya, Kamis (26/9/2019).

Perseroan akan segera memiliki beberapa proyek di ibukota yang baru antara lain sektor energi, transportasi, solar cell dan bangunan. Kawasan inti pusat pemerintahan nantinya akan dibangun dengan klasifikasi modern. Untuk itu standarisasi beberapa fasilitas tersebut harus mengacu pada standar internasional.

Sementara, Direktur Operasi II, Bambang Rianto menuturkan, investasi yang akan dilakukan perseroan menggunakan skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

"Waskita Karya akan masuk ke Ibu Kota Negara baru itu mulai 2021. Sebab, pembangunan masif di Ibu Kota Negara baru diperkirakan terjadi pada 2022-2024," kata Bambang.

Oleh sebab itu, perseroan juga serius melakukan persiapan dari sisi pembiayaan maupun dari sisi teknologi. BUMN Karya ini banyak mendapatkan dana segar mulai tahun ini melalui divestasi beberapa proyek jalan tol.[tar]

Komentar

x