Find and Follow Us

Kamis, 17 Oktober 2019 | 00:47 WIB

Tahun Ini BEI Yakin Catat 60 Emiten Baru

Oleh : Mohammad Fadil Djailani | Senin, 16 September 2019 | 17:23 WIB
Tahun Ini BEI Yakin Catat 60 Emiten Baru
(Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Bursa Efek Indonesia (BEI) merasa yakin akan mencatatkan 60 emiten saham baru sampai akhir tahun 2019.

Pasalnya, hingga saat ini telah mencatatkan 34 emiten baru dan terdapat 22 calon emiten baru tengah menunggu pernyataaan pra efektif dan efektif dari Otoritas Jasa Keuangan OJK).

"Kami yakin mencapai 60 emiten baru, hari ini sudah ada 34 emiten baru dan saat ini sudah ada 22 calon emiten yang memasukan dokumen serta empat perusahan yang akan segera memasukan dokumen ke kita," kata Direktur Penilaian Perusahaan, I Gede Nyoman Yetna Setia di Jakarta, Senin (16/9/2019).

Ia menjelaskan, minat perusahaan untuk menggalang dana melalui penawaran umum perdana saham atau initial public offering / IPO, masih tergolong besar.

"Saat kita road show ke daerah-daerah, terlihat minat IPO masih besar," kata dia.

Pada saat bersamaan, dia juga mengungkapkan tengah memantau emiten-emiten dengan gangguan kelangsungan usaha atau going concern dan telah dihentikan sementara (suspend) perdagangan efek selama 24 bulan.

Dengan kondisi itu, Bursa dapat menghapus paksa (force delisting) efek emiten tersebut dari papan perdagangan BEI.

"Memang yang menjadi pantauan kami adalah emiten yang 24 bulan sudah di suspend," kata dia.

Berdasarkan catatan terdapat dua emiten telah lebih dari 24 bulan di suspend karena going concern. Emiten tersebut adalah PT Sigmagold Inti Perkasa Tbk (TMPI) dan PT Evergreen Invesco Tbk (GREN).

Sebelumnya, bursa telah menghapus paksa efek PT Bara Jaya Internasional Tbk (ATPK) dan PT Sekawan Intipratama Tbk (SIAP) sepanjang tahun ini.[jat]

Komentar

Embed Widget
x