Find and Follow Us

Selasa, 17 September 2019 | 21:32 WIB

Persiapan Pindah Ibu Kota

PT Wika Beton Dirikan Pabrik Baru di Kaltim

Oleh : M Fadil Djailani | Rabu, 21 Agustus 2019 | 17:09 WIB
PT Wika Beton Dirikan Pabrik Baru di Kaltim
(inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - PT Wijaya Karya Beton Tbk (WTON) sudah mulai mengambil ancang-ancang pembuatan pabrik baru di wilayah Kalimantan Timur. Langkah ini merespon keinginan pemerintah yang bakal memindahkan Ibukota ke wilayah tersebut.

Perseroan berencana menyiapkan lahan sekitar 26 hektar yang bakal dijadikan pabrik untuk menunjang pembangunan infrastruktur.

"Kita punya 26 hektare lahan cukup luas di Kaltim, tinggal menambah kapasitas (Produksi). Pertumbuhan kita targetkan double digit untuk kontrak dihadapi dan sales untuk 5 tahun kedepan," kata Direktur Keuangan WTON Imam Sudiono dalam acara 'Public Expose Live 2019' di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI) Jakarta, Rabu (21/8/2019).

Untuk memuluskan rencananya tersebut, perseroan mengaku menyiapkan porsi belanja modal atau capital expenditure yang lebih besar pada tahun 2020 menjadi Rp779 miliar dari posisi capex tahun ini yang hanya berjumlah Rp488 miliar.

Imam mengatakan, perseroan masih sangat optimistis bahwa di era kepemimpinan periode kedua presiden Joko Widodo (Jokowi) ini, pembangunan infrastruktur ini masih menjadi fokus utama.

"Di 2020 hingga 2024 fokus pemerintah masih di infra. Di catatan kami pertumbuhan infra masih di angka 9%. Kita masih merespon pertumbuhan infra. Apalagi ada isu perpindahan ibukota ke Kalimantan, tentu kita antisipasi juga," tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Operasional WTON I Ketut Pasek Senjaya mengatakan, untuk periode hingga 2024 mendatang, perseroan tidak hanya akan fokus di infrastruktur jalan dan jembatan saja, melainkan juga akan menyasar sektor energi dan pengolahan limbah.

"Sekarang untuk penanganan limbah, ini juga prospek bagi Wika Beton. Jadi untuk saluran limbah kan juga butuh precast. Mungkin kita bisa bergeser produk ke arah situ," katanya. [hid]

Komentar

Embed Widget
x