Find and Follow Us

Selasa, 17 September 2019 | 21:35 WIB

Bursa Saham Eropa Mulai Bergerak Variatif

Oleh : Wahid Ma'ruf | Selasa, 20 Agustus 2019 | 17:33 WIB
Bursa Saham Eropa Mulai Bergerak Variatif
(Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, London - Bursa saham Eropa bervariasi pada Selasa pagi (20/8/2019) karena harapan untuk stimulus kebijakan moneter meredam kecemasan investor atas resesi yang akan datang.

Indeks acuan Eropa, Stoxx 600 beringsut tepat di bawah garis datar di awal perdagangan, saham perawatan kesehatan naik 0,4% sementara sumber daya dasar memimpin penurunan dengan penurunan 1,3%. Indeks FTSE naik 0,5%, indeks DAX menguat 0,1%, indeks CAC naik 0,2%.

Gubernur bank sentral Finlandia, Olli Rehn mengatakan pada hari Senin bahwa Bank Sentral Eropa (ECB) bertekad untuk bertindak jika prospek inflasi jangka menengah terus meleset dari target di bawah tetapi mendekati 2%.

Ini mengikuti menteri keuangan Jerman yang mengindikasikan selama akhir pekan bahwa pemerintah siap untuk menggunakan stimulus fiskal untuk meningkatkan ekonominya yang sedang sakit, seperti mengutip cnbc.com.

Sementara itu, saham di Asia merosot ke merah pada Selasa sore, membalikkan kenaikan awal karena People's Bank of China menerbitkan suku bunga pinjaman baru yang dimaksudkan untuk menurunkan biaya pinjaman bagi perusahaan dan merangsang ekonomi.

Investor di Amerika Serikat akan memantau perkembangan perdagangan setelah AS memperpanjang penangguhan hukuman yang mengizinkan raksasa telekomunikasi China Huawei untuk membeli komponen dari perusahaan AS untuk memasok perusahaan yang ada selama 90 hari.

Namun, Biro Industri dan Keamanan (BIS) Washington juga menambahkan 46 afiliasi Huawei ke dalam daftar hitamnya, sebuah langkah perusahaan teknologi yang disebut "tidak adil" dan "bermotivasi politik."

Presiden AS Donald Trump pada hari Senin juga membahas hubungan ekonomi dan peningkatan perdagangan dengan Perdana Menteri India Narendra Modi.

Kembali di Eropa, politik Italia tetap menjadi fokus utama karena pemerintah menghadapi mosi tidak percaya setelah pemimpin partai Lega, Matteo Salvini menarik sumbatnya pada koalisinya dengan Gerakan Lima Bintang (M5S) yang anti kemapanan.

Reuters melaporkan pada hari Senin bahwa oposisi Italia Partai Demokrat (PD) telah mengadakan pembicaraan awal "baik" dengan M5S mengenai prospek koalisi, mengutip sumber PD.

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson akan berada di Paris Selasa untuk bertemu dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron ketika ia mencari resolusi untuk kebuntuan Inggris saat ini dengan Uni Eropa atas Brexit.

Saham perhiasan Denmark Pandora naik 8% ke atas Stoxx 600 dalam kesepakatan awal setelah mengkonfirmasi panduan setahun penuh menyusul hasil kuartal kedua.

Layanan pos Inggris, Royal Mail, melihat sahamnya merosot 2,8% setelah serikat pekerja menuduh perusahaan tersebut mengingkari perjanjian dengan pekerja yang mengakhiri mogok tahun lalu.

Komentar

x