Find and Follow Us

Senin, 26 Agustus 2019 | 13:53 WIB

Incar Nilai Transaksi Rp500 M, BEI Perbaharui ETP

Oleh : Mohammad Fadil Djailani | Rabu, 14 Agustus 2019 | 17:45 WIB
Incar Nilai Transaksi Rp500 M, BEI Perbaharui ETP
(inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Bursa Efek Indonesia (BEI) tengah mengembangkan elektronik trading platform atau wahana perdagangan elektronik tahap dua. Pengembangan tersebut diharapkan dapat meningkatkan nilai transaksi harian bursa sebesar Rp500 miliar.

Direktur Pengembangan BEI, Hasan Fawzi mengatakan, pengembangan ETP tahap dua itu diharapkan dapat mengalihkan perdagangan sekunder semua efek bersifat utang dan sukuk (EBUS) wahana perdagangan elektronik bursa. ETP tersebut diharapkan rampung pada April 2020.

"Saat ini, rata-rata transaksi surat utang di OTC (over the counter) sebesar Rp14 triliun, Nah, kita berharap secara gradual pindah ke bursa. Tahap pertama, kami harap nilai transaksi surat utang yang pindah ke ETP sebesar Rp500 miliar," kata dia di Jakarta, Rabu (14/8/2019).

Ia menjelaskan, dalam pengembangan ETP tahap dua tersebut akan memasukan fitur-fitur yang mewakili karakteristik perdagangan OTC. "Misalnya kami lengkapi dengan advertising, quotation dan time limit. Sehingga ETP ini sudah seperti di OTC," kata dia.

Sementara itu, BEI juga akan mendekati Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan untuk memperkenankan perdagangan semua jenis SUN (Surat Utang Negara) di ETP.

"Sekarang kan hanya tiga seri ORI (Obligasi Ritel Indonesia), tapi kami harapkan semua jenis EBUS baik korporasi juga bisa ditransaksikan di ETP," kata dia.[jat]

Komentar

Embed Widget
x