Find and Follow Us

Rabu, 16 Oktober 2019 | 09:06 WIB

Keluarga Trump Gandeng MNC Land Garap Lido

Oleh : Wahid Ma'ruf | Rabu, 14 Agustus 2019 | 00:15 WIB
Keluarga Trump Gandeng MNC Land Garap Lido
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Putra Presiden AS, Donald Trump dan mitra bisnis Indonesia-nya mengatakan taman hiburan yang juga dilengkapi dengan hotel dan kondominium Trump tidak akan lagi memiliki pembiayaan Tiongkok.

Dalam sebuah langkah yang mengkhawatirkan kritik Trump, MNC Land, perusahaan Indonesia yang mengembangkan taman hiburan milik miliarder Indonesia Hary Tanoesoedibjo, mengatakan pada bulan Mei bahwa mereka telah menyewa anak perusahaan Metallurgical Corp milik pemerintah China untuk membangun taman tersebu dalam pengembangan Kota Lido Jawa Barat di luar Jakarta.

"Taman hiburan tidak ada hubungannya dengan Trump Organization, kami harus membuatnya jelas," kata Tanoesoedibjo pada konferensi pers di ibukota yang juga dihadiri oleh Donald Trump Jr, untuk memperkenalkan peluncuran Trump Residences di Jawa Barat dan Bali seperti mengutip

Tanoesoedibjo mengatakan perusahaannya dan bank Cina telah membahas pinjaman untuk taman hiburannya.

"Itu dilakukan oleh tim kami, tapi akhirnya kami menjatuhkannya," katanya, tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Laporan berita mengatakan pinjaman US$500 juta yang didukung pemerintah China untuk proyek telah ditandatangani. Tetapi itu ditolak oleh perusahaan pada bulan Mei.

"Itu tidak ada hubungannya dengan Trump," kata Trump Jr. "Jelas dia (Tanoesoedibjo) memiliki perkembangan besar, dan keduanya tidak ada hubungannya satu sama lain."

Pemilik properti menandatangani kesepakatan empat tahun sebelumnya untuk pengembangan untuk memasukkan hotel bermerek Trump bersama dengan lapangan golf, country club, kondominium mewah, rumah besar dan villa ditagih dalam materi promosi sebagai "Trump Residences."

Bersama dengan tema taman, hotel, pertokoan, rumah dan kawasan makan dan hiburan yang dikembangkan sendiri oleh MNC, tahap pertama "Lido City" ini akan menempati 3.000 hektar (7.413 hektar).

Trump Residences di Lido sendiri terletak di atas lahan seluas 350 hektar (865 hektar) yang dapat diakses langsung melalui jalan raya Bocimi yang baru dibuka dari ibukota Indonesia.

Kedua kelompok ini juga bekerja sama di Resor, Golf Club, dan Residences Trump seluas 250 hektar yang berlokasi di dekat kuil suci Hindu Bali, Tanah Lot. Mereka menjanjikan pemandangan yang menakjubkan dan lapangan golf berukuran super yang menghadap ke kuil.

Dua proyek Trump Residences di Jawa Barat dan Bali akan menelan biaya sekitar US$1,7 miliar. Organisasi Trump akan mengelola properti berdasarkan perjanjian yang dibuat dengan MNC Land pada 2015, sebelum Trump terpilih.

Meskipun keterlibatan Trump dalam proyek ini telah mendahului pemilihannya, kedua kesepakatan itu meningkatkan kekhawatiran bahwa pemerintah asing dapat mempengaruhi pemerintahannya, yang telah mengalami perang dagang yang pahit dengan China.

"Ayah saya sama sekali tidak terlibat, dan dia tidak akan membuat keputusan yang memengaruhi suatu negara berdasarkan kesepakatan real estat," kata Trump Jr., yang adalah wakil presiden eksekutif Organisasi Trump. "Kita harus sangat sangat jelas tentang itu."

Tanoesoedibjo mengatakan proyek pada dasarnya didanai oleh grup perusahaannya.

Komentar

Embed Widget
x