Find and Follow Us

Senin, 26 Agustus 2019 | 14:26 WIB

Bursa Saham Eropa Gagal Lanjutkan Kenaikan Awal

Oleh : Wahid Ma'ruf | Senin, 12 Agustus 2019 | 18:01 WIB
Bursa Saham Eropa Gagal Lanjutkan Kenaikan Awal
(Istimewa)

INILAHCOM, London - Bursa saham Eropa menyerah kenaikan kuat pada Senin pagi (12/8/2019) dengan volatilitas yang berlanjut untuk pasar global, karena investor memantau eskalasi dalam perang perdagangan AS-China.

Indeks acuan Eropa, Stoxx 600 tergelincir kembali ke garis datar pada pertengahan pagi setelah memperoleh hampir 1% pada awal perdagangan. Bank turun 0,6% sementara sektor makanan dan minuman diperdagangkan 0,5% lebih tinggi, seperti mengutip cnbc.com.

Bank Rakyat China menetapkan referensi titik tengah resmi untuk mata uang yuan pada 7,0211 per dolar pada hari Senin, melebihi penghalang psikologis 7 per dolar untuk sesi ketiga berturut-turut.

Pembicaraan perdagangan akan dilanjutkan di Washington pada awal September setelah tarif baru 10% untuk barang-barang Cina senilai $ 300 miliar mulai berlaku pada 1 September. Presiden Donald Trump mengatakan kepada wartawan pada hari Jumat bahwa AS tidak siap untuk melakukan perdagangan. berurusan dengan China dulu.

Saham China Daratan dan Hong Kong rebound ke wilayah positif pada hari Senin, meskipun fokus investor tetap selaras dengan perang perdagangan. Goldman Sachs mengatakan pada hari Minggu bahwa kekhawatiran akan resesi akibat perang dagang meningkat, dan raksasa Wall Street tidak lagi mengharapkan kesepakatan perdagangan sebelum pemilihan presiden AS tahun 2020.

Kembali ke Eropa, penasihat keamanan nasional Trump John Bolton tiba di London Minggu untuk pembicaraan di mana ia diperkirakan akan mendesak Inggris untuk mengambil sikap lebih keras terhadap Iran dan perusahaan telekomunikasi China Huawei.

Investor juga akan mengawasi perkembangan politik di Italia setelah partai Lega Wakil Perdana Menteri Matteo Salvini mengajukan mosi tidak percaya untuk menjatuhkan pemerintah pada hari Jumat.

Dalam berita perusahaan, pemasok Apple AMS mengatakan pada hari Minggu bahwa pihaknya telah melakukan penawaran pengambilalihan uang tunai sebesar 38,5 euro ($ 43,15) per saham untuk kelompok pencahayaan Jerman Osram Licht. Saham AMS jatuh 9,4% sementara saham Osram melompat 8,4% di berita.

Saham Tullow Oil melonjak 17% selama sesi pagi untuk memimpin Stoxx 600 setelah mengumumkan penemuan minyak besar di Guyana.

Komentar

Embed Widget
x