Find and Follow Us

Senin, 26 Agustus 2019 | 14:11 WIB

AS Siapkan Balasan Perang Mata Uang

Oleh : Wahid Ma'ruf | Minggu, 11 Agustus 2019 | 00:15 WIB
AS Siapkan Balasan Perang Mata Uang
Penasihat perdagangan Gedung Putih Peter Navarro - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Washington - Penasihat perdagangan Gedung Putih Peter Navarro mengatakan Cina berencana mendevaluasi mata uangnya dan jika ya, AS akan merespons dengan paksa.

"Jelas, mereka memanipulasi mata uang mereka dari sudut pandang perdagangan," Navarro mengatakan Jumat (9/8/2019). "Mereka akan pergi, dan kami akan mengambil tindakan keras terhadap mereka."

Awal pekan ini, China membiarkan mata uangnya turun terhadap dolar ke level kunci yang tidak terlihat sejak 2008. Pemerintahan Trump kemudian menyebut Beijing sebagai "manipulator mata uang." "Navarro mengatakan China mengambil tindakan untuk menangani dampak tarif.

"China telah mendevaluasi mata uangnya lebih dari 10% dengan tujuan tegas untuk menetralkan tarif, berhenti penuh," kata Navarro, seperti mengutip cnbc.com.

Pekan lalu, Presiden Donald Trump secara tiba-tiba mengakhiri gencatan senjata dengan China dengan mengumumkan tarif 10% atas barang-barang Tiongkok senilai US$300 miliar, mengklaim China gagal membeli barang-barang pertanian AS seperti yang dijanjikan. Perang perdagangan terus mendidih selama minggu ini karena China mengumumkan akan berhenti membeli produk pertanian Amerika sebagai balasan atas ancaman tarif kejutan Trump.

Navarro mengatakan bahwa setiap petani Amerika akan "menjadi utuh" dan "tidak akan dirugikan oleh China." Dia juga menegaskan bahwa China, bukan konsumen AS, akan menderita secara finansial karena tarif.

"China akan menanggung hampir seluruh beban itu melalui manipulasi mata uang dan dengan memangkas harga," katanya. "China adalah negara yang jauh lebih menderita daripada yang mungkin ditimbulkan pada kita."

Selama beberapa bulan ke depan, Navarro mengatakan pejabat Gedung Putih berencana untuk meminta negosiator Tiongkok kembali ke AS untuk pembicaraan perdagangan.

Komentar

Embed Widget
x