Find and Follow Us

Minggu, 25 Agustus 2019 | 02:52 WIB

Apa Maka Pernyataan Presiden Fed New York?

Oleh : Wahid Ma'ruf | Jumat, 19 Juli 2019 | 11:21 WIB
Apa Maka Pernyataan Presiden Fed New York?
Presiden Reserve Federal New York, John Williams - (Foto: cnbc)

INILAHCOM, New York - Ketika Presiden Reserve Federal New York, John Williams mengatakan para bankir perlu "bertindak cepat" ketika pertumbuhan ekonomi melamba.

Namun pernyataan tersebut tidak mengisyaratkan apa yang mungkin terjadi pada pertemuan Komite Pasar Terbuka Federal bulan Juli ini.

"Ini adalah pidato akademis tentang 20 tahun penelitian. Itu bukan tentang tindakan kebijakan potensial pada pertemuan FOMC yang akan datang," kata juru bicara Federal Reserve New York seperti mengutip cnbc.com.

Sebelumnya, Williams menyampaikan pidato pada pertemuan tahunan Asosiasi Riset Bank Sentral di mana dia berkata, "Lebih baik mengambil tindakan pencegahan daripada menunggu bencana terungkap."

Komentarnya datang ketika Wall Street mengharapkan bank sentral AS untuk memangkas suku bunga acuan selama pertemuan 30-31 Juli mendatang.

Setelah pernyataan Williams sebelumnya, ekspektasi pasar akan penurunan suku bunga 50 basis poin melonjak menjadi sekitar 59%, menurut alat Fedwatch CME. Sebelum pidatonya, prediksi untuk penurunan setengah poin telah berkisar antara 20% hingga 30%.

Kemudian, Wakil Ketua Fed, Richard Clarida mengatakan pada Fox Business News bahwa memangkas suku bunga dengan cepat adalah strategi yang baik. Ekspektasi pasar untuk penurunan setengah poin melonjak bahkan lebih tinggi menjadi sekitar 69%.

Tetapi setelah juru bicara Fed New York mengklarifikasi komentar Williams, ekspektasi untuk pemotongan 50 basis poin turun menjadi sekitar 50% sekitar 7 malam. Waktu bagian timur.

The Fed saat ini mematok tingkat dana semalam dalam kisaran antara 2,25% dan 2,5% di atas nol. Tetapi masih jauh di bawah level normal yang telah berlaku selama ekspansi ekonomi masa lalu.

Komentar

Embed Widget
x