Find and Follow Us

Selasa, 16 Juli 2019 | 21:57 WIB

Bursa Saham Eropa Bergerak Lebih Rendah

Oleh : Wahid Ma'ruf | Rabu, 10 Juli 2019 | 15:45 WIB
Bursa Saham Eropa Bergerak Lebih Rendah
(Istimewa)

INILAHCOM, London - Bursa saham Eropa diperdagangkan lebih rendah pada hari Rabu pagi (10/7/2019), karena investor menunggu kesaksian dari Ketua Federal Reserve AS, Jerome Powell dengan harapan untuk petunjuk tentang penurunan suku bunga dari bank sentral.

Indeks acuan Eropa, Stoxx 600 turun 0,3% selama sesi pagi. Indeks FTSE cenderung naik 0,04%, indeks DAX berkurang 0,07% dan indeks CAC cenderung naik 0,01%. Untuk saham makanan dan minuman memimpin penurunan 0,8%.

Sementara hanya segelintir sektor yang memulai sesi di wilayah positif. Saham bank adalah yang paling kuat kinerjanya, sektor ini naik 0,6% karena CYBG, Commerzbank dan Caixabank dan Bankia semua melonjak sekitar 2% seperti mengutip cnbc.com.

Powell dijadwalkan untuk bersaksi di depan Komite Jasa Keuangan House pada hari Rabu. Ini seminggu setelah laporan pekerjaan yang lebih kuat dari yang diperkirakan untuk Juni mengurangi harapan bahwa Fed akan mengambil tindakan cepat dan menentukan suku bunga.

Saham di Asia sebagian besar lebih tinggi pada Rabu sore, indeks MSCI untuk saham Asia Pasifik di luar Jepang naik 0,4%. Sementara saham Jepang sedikit tergelincir dalam perdagangan sore.

Investor juga akan memantau negosiasi perdagangan antara AS dan China setelah penasihat ekonomi Gedung Putih Larry Kudlow mengatakan para pejabat dari dua ekonomi terbesar dunia telah mengadakan pembicaraan telepon "konstruktif" pada hari Selasa.

Sementara itu, ketegangan antara sekutu transatlantik tradisional terus membara setelah Presiden AS Donald Trump pergi setelah Perdana Menteri Inggris Theresa May dan duta besarnya Washington setelah utusan itu terungkap telah mencap Gedung Putih "tidak layak."

Dalam berita perusahaan, saham Deutsche Bank memulai sesi hari Rabu dengan penangguhan hukuman, naik 2% dalam perdagangan awal yang terus menurun sejak Senin. Pasar bereaksi skeptis terhadap rencana restrukturisasi besar-besaran pemberi pinjaman Jerman, yang secara drastis akan menyusutkan bank investasinya dan mengalihkan fokus ke pasar domestiknya.

Perusahaan yang terdaftar di indeks blue chip Eropa Stoxx 600 diharapkan melaporkan pertumbuhan laba 0,8% pada kuartal kedua, turun tajam dari perkiraan 1,8% seminggu yang lalu, menurut data yang dirilis pada hari Selasa.

Sementara itu pengiriman Airbus telah melampaui saingan AS Boeing untuk pertama kalinya dalam delapan tahun. Hasilnya menjadikan perusahaan nomor satu di dunia setelah Boeing melaporkan penurunan pengiriman 37% untuk paruh pertama tahun 2018.

Pembuat chip AMS melihat sahamnya diperdagangkan 4% lebih tinggi pada menit-menit awal perdagangan Rabu, naik ke puncak indeks blue chip Eropa.

Raksasa perekrutan Inggris Hays turun 5,7% setelah saingannya PageGroup memperingatkan pada laba. Sementara penambang Polymetal International juga turun lebih dari 5% setelah PPF Group menjual saham di perusahaan dengan harga diskon.

Di Inggris, Boris Johnson dan Jeremy Hunt, saingannya untuk menjadi perdana menteri berikutnya. Mereka berselisih tentang siapa yang paling bisa menangani Brexit pada hari Selasa dalam debat televisi yang testis. Debat ini hanya dua pekan sebelum seseorang akan ditunjuk sebagai pengganti Theresa May.

Sejumlah data ekonomi Inggris akan dipublikasikan pada jam 9.30 pagi CET.

Komentar

Embed Widget
x