Find and Follow Us

Kamis, 22 Agustus 2019 | 06:26 WIB

Korsel Siapkan Balasan Sengketa Dagang ke Jepang

Oleh : Wahid Ma'ruf | Rabu, 10 Juli 2019 | 11:40 WIB
Korsel Siapkan Balasan Sengketa Dagang ke Jepang
Presiden Moon Jae-in

INILAHCOM, Seoul - Presiden Korea Selatan mengatakan pada hari Rabu (10/7/2019) memperpanjang pembatasan ekspor Jepang untuk bahan-bahan utama yang digunakan oleh perusahaan teknologi Korea Selatan.

Sementara Seoul akan membantu perusahaan mengurangi ketergantungan mereka pada pemasok Jepang. Ini sebagai balasan terhadap Jepang yang mengatakan pekan lalu akan memperketat pembatasan ekspor tiga bahan yang digunakan dalam tampilan dan chip ponsel pintar, mengutip perselisihan dengan Seoul mengenai warga Korea Selatan yang dipaksa bekerja untuk perusahaan Jepang selama Perang Dunia Kedua.

"Kami tidak dapat mengesampingkan kemungkinan bahwa situasi akan diperpanjang, terlepas dari upaya diplomatik kami untuk menyelesaikan masalah ini," kata Presiden Moon Jae-in pada pertemuan dengan para eksekutif dari 30 konglomerat top Korea Selatan seperti mengutip cnbc.com.

Aksi tersebut menghantam industri chip Korea Selatan - tulang punggung ekonomi terbesar keempat Asia. Bahkan berpotensi mengancam untuk mengganggu pasokan chip memori global yang dibuat oleh Samsung Electronics dan SK Hynix.

"Ini adalah situasi yang sangat disesalkan, tetapi kami tidak punya pilihan selain mempersiapkan semua kemungkinan," kata Moon, menambahkan bahwa pemerintah akan meningkatkan pengeluaran untuk membantu perusahaan Korea mengambil bagian, bahan dan peralatan di dalam negeri.

Komentar

Embed Widget
x