Find and Follow Us

Senin, 9 Desember 2019 | 05:13 WIB

Perbankan Eropa Tertekan Suku Bunga Rendah Fed

Oleh : Wahid Ma'ruf | Sabtu, 6 Juli 2019 | 20:12 WIB
Perbankan Eropa Tertekan Suku Bunga Rendah Fed
(Foto: Ilustrasi)
facebook twitter

INILAHCOM, Paris - Pemotongan suku bunga Federal Reserve AS dapat menyebabkan menambah tantangan yang telah dihadapi bank-bank Eropa selama bertahun-tahun.

Peringatan tersebut diungkap Lorenzo Bini Smaghi, ketua Societe Generale seperti mengutip cnbc.com, Sabtu (6/7/2019).

Bank sentral AS dibagi atas proyeksi untuk penurunan suku bunga tahun ini pada pertemuan terakhirnya. Tetapi pasar masih mengharapkan penurunan pada Juli bahkan setelah laporan pekerjaan yang kuat pada Jumat, menurut alat CME Fed Watch.

Pemotongan akan menjadi pembalikan dari normalisasi lambat dalam kebijakan bahwa Fed telah memulai dalam beberapa tahun terakhir, sangat kontras dengan zona euro telah mempertahankan suku pada rekor terendah dalam menghadapi pertumbuhan yang sakit dan inflasi yang lemah. Suku bunga rendah secara tradisional melukai kemampuan bank untuk menghasilkan uang karena hasilnya ditekan.

Socini Bini Smaghi menyarankan bahwa pemberi pinjaman Eropa telah merestrukturisasi dan beradaptasi dengan lingkungan tingkat rendah dan akan berada di depan rekan-rekan AS mereka jika Fed memang memutuskan untuk menurunkan suku bunga acuannya.

"Untuk bank-bank AS, mungkin mereka akan mendapatkan lebih banyak ke dalam lingkungan seperti yang kita hadapi. Jadi mereka juga harus mempertimbangkan kembali kemungkinan kehadiran mereka," katanya dalam konferensi ekonomi di Aix-en-Provence di Perancis selatan.

"Khususnya jika Anda memiliki volatilitas yang rendah dan kehadiran bank sentral yang lebih tinggi, jenis usaha (perdagangan) akan menjadi kurang menguntungkan. Dan saya pikir kami telah keluar lebih awal dari pada bank AS," katanya.

Dia menambahkan bahwa operasi SocGen di AS telah menguntungkan dengan berkonsentrasi pada turunan khusus dan produk yang dibuat khusus.

Komentar

Embed Widget
x