Find and Follow Us

Minggu, 15 Desember 2019 | 15:39 WIB

Jago Trump Malah Sarankan Fed Turunkan Suku Bunga

Oleh : Wahid Ma'ruf | Sabtu, 6 Juli 2019 | 18:01 WIB
Jago Trump Malah Sarankan Fed Turunkan Suku Bunga
Judy Shelton - (Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Washington -Federal Reserve harus memangkas suku bunga karena sinyal Bank Sentral Eropa baru-baru ini bahwa pihaknya bermaksud untuk mendevaluasi euro.

Demikian kata Judy Shelton, yang rencananya akan dicalonkan Presiden Donald Trump, mengisi kursi di dewan gubernur bank sentral.

Shelton, pendukung lama standar emas, baru-baru ini bergabung dengan seruan presiden untuk kebijakan moneter yang lebih mudah.

Ditanya tentang perubahannya ke posisi dovish, Shelton mengatakan penurunan suku bunga diperlukan atau ekonomi AS, didorong oleh apa yang ia sebut agenda pro-pertumbuhan presiden, akan "dihukum" tidak adil karena keberhasilannya.

"Kita bisa dihukum karena reformasi kita yang berhasil karena mereka tidak melakukannya di Eropa. Mereka tidak membuat pilihan kebijakan keras yang menghasilkan pertumbuhan autentik," katanya seperti mengutip cnbc.com.

"Sebaliknya, Eropa menuju langkah-langkah stimulus tambahan, yang merupakan kode mengatakan mereka siap untuk mendevaluasi euro," katanya. "Devaluasi 5% euro seperti tarif ekspor AS," tambahnya.

Bulan lalu Presiden ECB, Mario Draghi memberikan pidato yang mengindikasikan bank sentral dapat menambah lebih banyak stimulus di bulan Juli. Euro EURUSD, -0,5140% merosot setelah sambutannya. Pernyataan itu menarik teguran keras dari Trump, yang mengatakan euro lebih lemah yang akan menjadi persaingan tidak adil. Belakangan Trump mengatakan Draghi harus memimpin The Fed.

Analis mengatakan pencalonan Shelton yang direncanakan dapat mengalami masalah di Senat.

Shelton mengatakan laporan pekerjaan Juni yang kuat yang dirilis Jumat sebelumnya adalah karena agenda pro-pertumbuhan administrasi Trump, yang telah menciptakan lingkungan yang lebih baik bagi bisnis untuk menjadi sukses. "Saya tidak ingin memotong likuiditas untuk itu," katanya.

Imbal hasil Treasury 10-tahun TMUBMUSD10Y, + 0,00% mendorong kembali di atas 2% setelah gaji bulan Juni naik. Saham SPX, -0,18% tenggelam pada data.

Shelton mengatakan penurunan pasar saham adalah "reaksi sesat" terhadap laporan kuat.

Pada saat yang sama, Shelton mencatat bahwa setengah dari rumah tangga Amerika diinvestasikan di pasar saham dengan cara tertentu.

"Saya tidak ingin Fed menarik permadani dari bawah mereka dengan mengambil posisi yang tidak kondusif untuk lebih lanjut menyediakan likuiditas bagi perekonomian yang sedang tumbuh ini," katanya.

Shelton mengulangi bahwa The Fed harus menurunkan suku bunga yang dibayarkan bank untuk menyimpan kelebihan cadangan mereka di bank sentral. "Tingkat IOER menciptakan disinsentif bagi bank untuk berinvestasi dalam perekonomian," katanya.

Komentar

Embed Widget
x