Find and Follow Us

Senin, 9 Desember 2019 | 04:49 WIB

Pasar Keuangan AS Harapkan Fed Turunkan Suku Bunga

Oleh : Wahid Ma'ruf | Senin, 8 Juli 2019 | 00:15 WIB
Pasar Keuangan AS Harapkan Fed Turunkan Suku Bunga
(Foto: Ilustrasi)
facebook twitter

INILAHCOM, New York - Pasar keuangan AS mengharapkan terlalu banyak pemotongan suku bunga dari Federal Reserve tahun 2019 ini, diikuti secara luas ekonom Mohamed El-Erian, Jumat.

"Kami sebagai basis pasar telah terbawa - terbawa berpikir itu akan menjadi 50 basis poin pada Juli, berpikir kami akan mendapatkan tiga pemotongan pada akhir tahun ini," kata ekonom, El-Erian seperti mengutip cnbc.com. "Kita akan mendapatkan satu di bulan Juli dan mungkin, mungkin dua, dan itu saja."

Pernyataan kepala penasihat ekonomi Allianz ini, muncul menyusul laporan pekerjaan bulanan yang lebih baik dari perkiraan. Ekonomi AS menambahkan 224.000 pekerjaan pada Juni, menurut data dari Biro Statistik Tenaga Kerja yang dirilis Jumat pagi. Ekonom yang disurvei oleh Dow Jones memperkirakan 165.000 pekerjaan.

Saham jatuh setelah laporan itu, di tengah kekhawatiran bahwa angka kuat akan menyebabkan The Fed menunda penundaan penurunan suku bunga di tahun ini.

El-Erian telah lebih bullish pada ekonomi AS daripada beberapa analis utama lainnya, mengatakan pada bulan Maret bahwa negara itu tidak akan melihat resesi tahun ini atau pada tahun 2020 kecuali kesalahan kebijakan utama dari Federal Reserve.

"Saya pikir Anda akan mendapatkan potongan 25 basis poin bulan ini," kata El-Erian pada hari Jumat (5/7/2019). "Saya pikir memasukkannya sebagai 'potongan tarif asuransi' adalah cara yang benar. Ekonomi tidak dalam kesulitan. Laporan ketenagakerjaan hari ini sebenarnya adalah berita yang sangat bagus untuk ekonomi, dan itu berita baik untuk jangka panjang bagi pasar."

Federal Reserve terbagi atas proyeksi penurunan suku bunga tahun ini pada pertemuan terakhirnya, tetapi pasar masih mengharapkan penurunan pada Juli bahkan setelah laporan pekerjaan yang kuat, menurut alat CME Fed Watch. El-Erian mengatakan sinyal sebelumnya bahwa Fed telah mengirim tentang pemotongan adalah alasan mengapa seseorang akan datang.

"Mereka tidak dapat membeli miskomunikasi lain," kata El-Erian.

Pertemuan berikutnya untuk Komite Pasar Terbuka Federal dijadwalkan pada 30 dan 31 Juli.

Bursa saham AS merespon lebih rendah setelah laporan pekerjaan tersebut. Sebab berpotensi mengurangi harapan untuk penurunan suku bunga oleh Fed. Mereka rencananya akan bertemu 30-31 Juli mendatang.

Pada penutupan Jumat (5/7/2019), Dow Jones Industrial Average mundur 43,88 poin menjadi 26.922,12, menghentikan kenaikan beruntun empat hari. S&P 500 tergelincir 0,2% menjadi 2.990,41 dan mengakhiri kemenangan beruntun lima hari.

Nasdaq Composite turun untuk pertama kalinya dalam tujuh sesi, tergelincir 0,1% menjadi 8.161,79. Di awal sesi, Dow turun sebanyak 232,67 poin, sementara S&P 500 dan Nasdaq masing-masing turun hampir 1%.

Dalam pidatonya di London, Presiden Fed Cleveland, Loretta Mester mengatakan dia sekarang melihat "beberapa peluang" bahwa ekonomi akan tersandung tahun ini, dia perlu melihat lebih banyak bukti kuat dari perlambatan signifikan untuk mengadvokasi penurunan suku bunga.

Ekonomi AS menambahkan 224.000 pekerjaan pada Juni. Ekonom telah memperkirakan AS menambahkan 165.000 pekerjaan pada Juni, setelah 75.000 pekerjaan yang menakjubkan tercipta pada Mei, menurut Dow Jones.

Komentar

Embed Widget
x