Find and Follow Us

Selasa, 16 Juli 2019 | 05:08 WIB

Bursa Saham Eropa Bisa Positif

Oleh : Wahid Ma'ruf | Kamis, 27 Juni 2019 | 13:27 WIB
Bursa Saham Eropa Bisa Positif
(Foto: ist)

INILAHCOM, London - Bursa saham Eropa tampaknya akan dibuka secara hati-hati lebih tinggi pada hari Kamis (27/6/2019) karena pasar mencerna pesan yang saling bertentangan tentang kemungkinan kesepakatan perdagangan AS-China.

FTSE 100 terlihat sekitar 4 poin lebih tinggi pada 7.420. Indeks DAX diperkirakan akan membuka sekitar 37 poin pada 12.282. Sedangkan indeks CAC akan naik sekitar 7 poin menjadi 5.508.

Presiden Donald Trump mengatakan pada hari Rabu bahwa kesepakatan perdagangan dengan Presiden China, Xi Jinping dimungkinkan ketika keduanya bertemu akhir pekan ini di KTT G-20 di Osaka. Tetapi memperingatkan bahwa ia siap untuk mengenakan tarif pada semua impor Cina yang tersisa jika pembicaraan gagal.

Pasar Asia naik pada Kamis sore, dipimpin oleh kenaikan di China daratan dengan komponen Shenzhen naik 1,36% dan komposit Shenzhen bertambah 1,171%.

Kembali di Eropa, data inflasi Spanyol, angka kepercayaan bisnis dan konsumen Italia dan sejumlah data ekonomi untuk kawasan euro pada Juni ditetapkan untuk rilis Kamis pagi, sementara laporan inflasi Jerman diharapkan sore hari.

Boris Johnson, favorit untuk menggantikan Perdana Menteri Inggris Theresa May, mengatakan pada hari Rabu bahwa kemungkinan Inggris meninggalkan Uni Eropa tanpa kesepakatan adalah "satu juta" meskipun menegaskan janjinya untuk keluar dari blok dengan atau tanpa kesepakatan paling lambat 31 Oktober.

Gubernur Bank of England, Mark Carney mengatakan kepada Komite Perbendaharaan Inggris bahwa bank sentral akan lebih mungkin untuk menurunkan suku bunga jika Brexit "tidak ada kesepakatan".

Dalam berita perusahaan, Vodafone dilaporkan akan mengamankan persetujuan antimonopoli UE atas tawaran $ 22 miliar untuk jaringan kabel Liberty Global di Eropa Tengah setelah menawarkan konsesi pada bulan Mei.

Sementara itu, raksasa bahan kimia Jerman, Bayer, di bawah tekanan dari pemegang saham aktivis, mengatakan pada hari Rabu bahwa mereka telah menyewa seorang pengacara eksternal dan membentuk sebuah komite untuk menyelesaikan masalah litigasi bernilai miliaran dolar.

Perusahaan telah melihat harga sahamnya anjlok setelah akuisisi Monsanto senilai $ 63 miliar membawa sejumlah masalah hukum atas tuduhan gulma gulma glifosat yang menyebabkan kanker.

Komentar

Embed Widget
x