Find and Follow Us

Selasa, 16 Juli 2019 | 05:42 WIB

Harga Emas Berjangka Turun 1% Lebih

Oleh : Wahid Ma'ruf | Kamis, 27 Juni 2019 | 07:01 WIB
Harga Emas Berjangka Turun 1% Lebih
(Foto: inilahcom)

INILAHCOM, New York - Harga emas berjangka turun lebih dari 1% pada hari Rabu (26/6/2019) di tengah sinyal Federal Reserve AS tidak akan membuat terlalu tajam pemotongan suku bunga bulan depan.

Tetapi masih bertahan di atas level psikologis kunci US$1.400.

Ketua Fed, Jerome Powell mengatakan pada hari Selasa bahwa bank "terisolasi dari tekanan politik jangka pendek" karena para pembuat kebijakan mempertimbangkan pelonggaran moneter.

Spot gold turun 0,6% menjadi US$1.413,8 per ounce, menghentikan kenaikan enam sesi beruntun.

Harga mencapai puncak enam tahun di US$1.438,63 di sesi sebelumnya terutama di belakang harapan yang meningkat bahwa Fed, seperti banyak mitra di seluruh dunia. Fed, akan memangkas suku bunga dalam mengakui stimulus ekonomi yang hangat dan data yang lemah.

Emas berjangka AS untuk pengiriman Agustus turun 0,1% menjadi US$1.416,8. "Dalam emas, orang mencari alasan untuk menjual beberapa hanya karena selama seminggu terakhir setengah emas telah naik secara eksponensial. Itu mengalami kerusakan dan kemudian terus berjalan," kata Michael Matousek, kepala pedagang di Investor Global AS seperti mengutip cnbc.com.

"Anda melihat orang-orang memainkan volatilitas."

Powell menekankan independensi bank sentral dari Presiden AS Donald Trump, yang mendorong penurunan suku bunga. Presiden Fed St Louis James Bullard, dianggap sebagai salah satu bank sentral AS yang paling dovish. Sikap ini mengejutkan beberapa investor dengan mengatakan penurunan 50 basis poin dalam tingkat "akan berlebihan."

Mengikuti pernyataan dari pejabat Fed, emas melemahkan keuntungan dan telah turun hampir 2,6%. Suku bunga yang lebih rendah mengurangi biaya peluang memegang emas yang tidak menghasilkan, mendorong investor untuk menjual sebagian.

Menurut data terbaru dari program FedWatch CME Group, dana federal berjangka menyiratkan bahwa pedagang sekarang melihat peluang 27% dari penurunan suku bunga Fed. Atau setengah poin persentase pada bulan Juli, dibandingkan dengan 42% pada hari Senin.

Komentar oleh Powell dan Bullard telah membantu dalam "memungkinkan dolar untuk menemukan beberapa dukungan yang sangat dibutuhkan dan merusak logam mulia berdenominasi dolar," Fawad Razaqzada, analis pasar Forex.com, menulis dalam sebuah catatan.

Dia menambahkan bahwa rebound dalam ekuitas pada pembicaraan perdagangan harapan antara AS dan Cina telah semakin menekan emas.

Kedua ekonomi terbesar bertujuan untuk menghidupkan kembali negosiasi perdagangan mereka dalam pertemuan antara kedua presiden di KTT G20 minggu ini. Sekretaris Perbendaharaan AS mengatakan, kesepakatan perdagangan selesai 90%.

Di antara logam mulia lainnya, perak turun 0,4% menjadi US$15,30 per ons, sementara platinum naik 0,9% menjadi US$813,03. Spot paladium adalah 0,3% lebih tinggi pada US$1.533,10 per ons.

Komentar

Embed Widget
x