Find and Follow Us

Selasa, 16 Juli 2019 | 05:03 WIB

Wall Street Berpotensi Positif

Oleh : Wahid Ma'ruf | Rabu, 26 Juni 2019 | 19:30 WIB
Wall Street Berpotensi Positif
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, New York - Indeks saham berjangka AS melonjak pada Rabu pagi (26/6/2019) setelah Menteri Keuangan, Steven Mnuchin mengatakan AS dan China hampir mencapai kesepakatan perdagangan.

Pada sekitar 7:08 ET, berjangka Dow Jones Industrial Average naik 110 poin, menunjukkan kenaikan lebih dari 116 poin di pembukaan. S&P 500 dan Nasdaq 100 juga diperdagangkan lebih tinggi.

"Kami sekitar 90% dari perjalanan ke sana (dengan kesepakatan) dan saya pikir ada jalan untuk menyelesaikan ini," Mnuchin seperti mengutip cnbc.com.

Namun dia tanpa memberikan rincian tentang apa yang 10% mungkin dicapai dari kesepakatan. Dia mengatakan yakin Presiden Donald Trump dan Presiden China, Xi Jinping dapat membuat kemajuan dalam pembicaraan perdagangan macet di pertemuan Kelompok 20 (G-20) yang akan datang akhir pekan ini.

Ketegangan perdagangan antara ekonomi terbesar di dunia itu meningkat bulan lalu setelah AS menaikkan tarif impor impor China senilai miliaran dolar. China membalas dengan tarifnya sendiri.

Ketakutan itu hilang pada Juni setelah Trump mengatakan dia dan Xi setuju untuk bertemu di G-20, memicu harapan kemajuan perdagangan antara kedua negara.

Wall Street melihat hari terburuk Juni pada hari Selasa di belakang komentar dari pejabat Federal Reserve. Ketua Fed Jerome Powell Selasa mengatakan bank sentral menilai apakah ekonomi AS menyerukan suku bunga yang lebih rendah. Namun, Powell juga mengatakan bahwa Fed akan mengambil pendekatan menunggu dan melihat mengingat seberapa cepat perubahan ekonomi baru-baru ini.

Sebelumnya pada hari Selasa, James Bullard, presiden Fed St. Louis, mengecilkan prospek penurunan suku bunga. Ekspektasi pasar menunjukkan penurunan suku bunga pada bulan Juli.

Investor bertaruh Fed akan menurunkan suku bunga setidaknya 25 basis poin di bulan Juli. Harapan itu membantu mengangkat indeks saham utama bulan ini. Dow dan S&P 500 keduanya naik setidaknya 6% untuk Juni memasuki sesi Rabu. Nasdaq naik 5,8%.

Dalam berita perusahaan, saham Micron melonjak 8% di premarket setelah pembuat chip itu mengatakan bisa "melanjutkan secara hukum" pengiriman ke raksasa telekomunikasi China Huawei. Saham juga mendapat dorongan dari hasil kuartalan yang lebih baik dari perkiraan.

Di depan data, akan ada nomor barang tahan lama pada indikator ekonomi maju pada pukul 8:30 ET.

Komentar

Embed Widget
x