Find and Follow Us

Minggu, 21 Juli 2019 | 22:15 WIB

OJK Izinkan Bank Oke Merger ke Bank Dinar

Oleh : Wahid Ma'ruf | Rabu, 26 Juni 2019 | 14:01 WIB
OJK Izinkan Bank Oke Merger ke Bank Dinar
(Foto: ist)

INILAHCOM, Jakarta - PT Bank Dinar Indonesia Tbk (Bank Dinar) (DNAR) didirikan tanggal 15 Agustus 1990 dengan nama PT Liman International Bank dan memulai kegiatan komersial pada tahun 1991.

Bank Dinar memperoleh izin usaha sebagai Bank Umum dari Menteri Keuangan Republik Indonesia pada tanggal 9 November 1991.

Pemegang saham yang memiliki 5% atau lebih saham Bank Dinar adalah Nio Yantony (34,16%), Andre Mirza Hartawan (21,15%) dan Dr. Syaiful Amir, S.E, Ak. (10,58%). Saham publik sebesar 22,2%.

Sementara Bank Oke Indonesia sebelumnya bernama Bank Andara. Didirikan pada tahun 1980 dengan nama Maskapai Andil Indonesia Bank Pasar Seri Partha. Pada tahun 1989 memperoleh izin sebagai bank umum dan pada tahun 1997 berubah nama menjadi PT Bank Sri Partha yang berfokus pada pembiayaan bagi UMKM yang berada di Bali.

Setelah diakuisisi oleh sekelompok pemegang saham yang memiliki reputasi internasional, baik di bidang sosial maupun perbankan, pada tahun 2009 bulan April tanggal 20 berubah nama menjadi Bank Andara.

Saat itu, pemegang saham Bank Andara terdiri dari Mercy Corps (pemegang saham pengendali), DWM Fund S.C.A-SICAV SIF, International Finance Corporation (IFC), KfW, Hivos-Triodos Fund, dan I Wayan Gatha.

Pada tanggal 18 Nopember 2016, Bank Andara dan APRO Financial Co. Ltd telah menandatangani akta akuisisi yang menandai telah efektifnya akuisisi oleh APRO Financial Co. Ltd. Transaksi akuisisi Bank Andara dilakukan melalui pembelian saham baru Bank Andara sebesar 40% (empat puluh persen) dengan nilai pembelian Rp450miliar.

APRO Financial Co. Ltd adalah institusi keuangan besar dari Korea Selatan, yang baru pertama kali berinvestasi di Indonesia. Masuknya APRO Financial Co., Ltd di Bank Andara menunjukkan minat yang tinggi dari investor untuk melakukan investasi di Bank Andara. Pada bulan Agustus 2017, nama Bank Andara resmi berubah menjadi Bank Oke Indonesia dan telah disetujui oleh Otoritas Jasa Keuangan RI.

Komentar

Embed Widget
x