Find and Follow Us

Selasa, 16 Juli 2019 | 21:56 WIB

HT Tegaskan Vivendi Akan Masuk MVN Lewat IPO

Oleh : Mohammad Fadil Djailani | Selasa, 25 Juni 2019 | 19:20 WIB
HT Tegaskan Vivendi Akan Masuk MVN Lewat IPO
Pemilik Grup MNC, Hary Tanoesoedibyo - (Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Pemilik Grup MNC, Hary Tanoesoedibyo menegaskan perusahaan media asal Francis Vivendi SA akan melakukan penyertaan modal kepada PT MNC Vision Network Tbk (MVN), melalui mekanisme penawaran saham perdana atau initial public offering (IPO).

"Vivendi melalui anak usahanya Kanal-Plus tengah melakukan negosiasi untuk masuk MVN melalui IPO, kan bulan depan MVN mau IPO sudah public expose juga," kata HT sapaan akrabnya di gedung MNC Grup Jakarta usai RUPST BHIT, Selasa (25/6/2019).

Ia menjelaskan, MVN merupakan sister company dari PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) selaras dengan bisnis anak usaha Vivendi.

Seperti diketahui, PT MNC Vision Networks Tbk akan menawarkan sebanyak-banyaknya 3,522 miliar lembar saham baru, atau setara dengan 10% dari modal ditempatkan dan disetor penuh MVN melalui penawaran umum perdana saham atau initial public offering (IPO).

Dengan harga untuk penawaran umum perdana yang berkisar antara Rp231 - Rp243 per saham ini, maka calon emiten media itu akan memperoleh dana berkisar antara Rp814 miliar-Rp856 miliar.

Direktur Utama PT MNC Vision Networks Tbk, Ade Tjendra mengatakan, aksi korporasi ini merupakan langkah strategis perseroan dalam rangka memperkuat struktur permodalan dimana dana hasil penawaran umum akan digunakan untuk modal kerja.

"Pengembangan jaringan fixed broadband/IPTV serta pengembangan layanan konten digital diantaranya melalui produksi konten original yang menarik," kata dia di Jakarta, Senin (17/6/2019).

Ia menambahkan, perseroan akan menyasar segmen pasar menengah ke bawah yang menginginkan lebih banyak pilihan channel TV FTA dengan kualitas yang lebih baik (channel FTA lokal dan channel FTA internasional) melalui produk jual perangkat di depan dan juga segmen pasar menengah kebawah TV berlangganan pra-bayar.

"Adapun tim manajemen memiliki rata-rata pengalaman lebih dari 20 tahun dalam industri media. Entitas Anak MVN yaitu PT MNC Sky Vision Tbk (MNC Vision), PT MNC Kabel Mediakom (MNC Play), PT MNC OTT Network (MNC Now), dan PT Nusantara Vision (NV)," jelas dia.

Untuk diketahui, pelanggan anak usaha perseroan dapat menikmati saluran hiburan dan Informasi terbaik dan terlengkap dengan total 185 channel termasuk 35 channel eksklusif.

MNC sebagai perusahaan media dan konten terbesar di Indonesia memberikan dukungan dengan menyediakan saluran TV Free To Air (FTA), konten-konten eksklusif dan produksi konten original yang dapat dinikmati oleh pelanggan MVN.

MNC Vision merupakan pemimpin pasar dalam bisnis TV berbayar berbasis DTH dengan pangsa pasar 96% dan memiliki basis pelanggan sekitar 2,4 juta pada 31 Desember 2018. MNC Vision menyasar pelanggan di kota-kota menengah dan kecil.

MNC Play berfokus pada penyediaan layanan fixed broadband/IPTV sehingga dapat mengurangi belanja modal (capex), dan merupakan pemain nomor 3 terbesar di Indonesia dengan jumlah pelanggan sebesar 262 ribu pada 31 Desember 2018. MNC Play menyasar pelanggan di kota-kota besar.

MNC Now merupakan penyedia layanan konten digital (OTT/Over The Top) yang akan menjadi nilai tambah dan meningkatkan kepuasan pelanggan MNC Vision dan MNC Play untuk dapat menikmati tayangan hiburan dan Informasi dimana saja dan kapan saja.Jumlah pelanggan terdaftar MNC Now telah mencapai lebih dari 2.000.000 pada 31 Desember 2018, tumbuh pesat sejak peluncuran pertama kali di Februari 2018.

MNC Now dengan target pasar segmen milenial merupakan sumber pertumbuhan Perseroan di kemudian hari. Saat ini, penetrasi pasar TV berlangganan di Indonesia baru sebesar 13% dibandingkan dengan negara di Asia yang mencapai 71%.

Prospek bisnis MVN juga didorong oleh program Pemerintah melalui digitalisasi industri 4.0, dimana penetrasi fixed broadband berpotensi meningkat mencapai 16% dengan jumlah pelanggan menjadi 11,3 juta pada tahun 2023.[jat]

Komentar

x