Find and Follow Us

Selasa, 16 Juli 2019 | 21:29 WIB

PT Tigakarsa Satria Beli 24,9% Saham PT Blue Gas

Oleh : Wahid Ma'ruf | Senin, 24 Juni 2019 | 06:40 WIB
PT Tigakarsa Satria Beli 24,9% Saham PT Blue Gas
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - PT Tigakarsa Satria Tbk (TGKA) membeli 24,99% saham PR Bluegas Indonesia milik PT Tigakarsa yang saat ini dalam likuidasi.

Transaksi ini sudah mempertimbangkan hasil penilai independen dari Felix Sutandar dan rekan yang memberikan penilaian ekuitas dan laporan pendapat kewajaran terhadap transaksi ini. Demikian mengutip keterbukaan informasi di BEI, akhir pekan lalu.

Nilai nominal untuk transaksi sebanyak 1.893.554 saham PT BGI sebesar Rp1.000 per saham dengan rencana transaksi mencapai Rp62,72 miliar.

Kedua pihak memiliki hubungan afiliasi karena pemegang saham perseroan seperti PT Penda Widjaja Investindo, PT Sarana Ledaun, PT Widjajatunggal Sejahtera dan PT Ekatiadi Kusuma merupakan pemegang saham PT Tigakarsa.

Selain itu, preskom perseroan yaitu Meity Tjiptobiantoro merupakan komisaris PT Tigakarsa.

PT BGI mengelola industri dan assembling peralatan dapur atau perkemahan dari logam dan nonlogam. PT BGI juga mengelola bnisnis niaga LPG mulai dari pengangkutan, pengisian dan penyimpanan LPG serta menjalankan kegiatan jasa perawatan tabung LPG.

Para pemegang saham PT BGI per 31 Desember 2018 antara lain perseroan sebesar 75% dan PT Tigakarsa sebesar 25%.

PT Tigaraksa Satria Tbk (TGKA) didirikan di Jakarta tanggal 17 November 1986 dan mulai beroperasi secara komersial pada tahun 1988.

Pemegang saham yang memiliki 5% atau lebih saham TGKA, antara lain: PT Penta Widjaja Investindo (37,31%), PT Sarana Ledaun (30,57%) dan PT Widjaja Tunggal Sejahtera (25,34%). Sementara saham publik hanya 1,2%.

Ruang lingkup kegiatan bisnis TGKA adalah bergerak dalam bidang perdagangan, perindustrian, percetakan, pertambangan, pengangkutan, pembangunan, pertanian, administrasi dan agen. Kegiatan utama TGKA meliputi bidang penjualan dan distribusi produk-produk konsumsi (mulai dari produk makan, produk nutrisi bayi, produk home care, hingga produk body care).

Selain itu, melalui anak usahanya, TGKA mengembangkan bidang penjualan & pemasaran produk edukasi; pengisian ulang gas rumah tangga dan produksi & penjualan produk peralatan dapur; dan layanan produksi & pengemasan produk susu bubuk. TGKA memiliki hak atas merek dagang Crystal Dentiss, Blue Gaz, Always Ahead, dan Tira S&D System.

Saham TGKA pada penutupan akhir pekan lalu di Rp4.000 per saham.

Komentar

x