Find and Follow Us

Selasa, 16 Juli 2019 | 21:31 WIB

Ini Makna Pentingnya Pertemuan OPEC Bulan Juli

Oleh : Wahid Ma'ruf | Minggu, 23 Juni 2019 | 20:05 WIB
Ini Makna Pentingnya Pertemuan OPEC Bulan Juli
(Foto: istimewa)

INILAHCOM, New York - Pertemuan Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak dan sekutu-sekutunya pada awal Juli akan datang. Forum itu sebagai waktu yang sangat penting karena saat harga minyak mentah tidak stabil.

Harga telah didukung oleh penurunan output produsen utama, meningkatnya ketegangan di Timur Tengah. Tetapi juga ditekan oleh perkiraan perlambatan permintaan global.

"Pertemuan OPEC sangat penting, karena perpanjangan pemotongan OPEC sangat penting untuk menstabilkan pasar," kata Jay Hatfield, CEO dan manajer portofolio di InfraCap, perusahaan investasi dalam minyak seperti mengutip marketwatch.com.

Berjangka depan bulan untuk patokan AS West Texas Intermediate CLQ19, + 0,30% diselesaikan pada US$57,43 per barel pada hari Jumat. Mereka telah naik hampir 27% tahun ini. Meskipun mereka 13% di bawah tinggi 2019 lebih dari US$ 66, terlihat pada bulan April, menurut Dow Jones Market Data.

Demikian pula, patokan global, minyak mentah Brent BRNQ19, + 0,23% pada US$65,20, telah naik 21% pada 2019, tetapi hampir 13% di bawah US$74-plus tinggi untuk tahun ini.

WTI melonjak lebih dari 5% pada hari Kamis, setelah Iran menembak jatuh drone AS, meningkatkan ketegangan, dan hampir memicu serangan udara AS. Mereka sudah tinggi menyusul serangan terhadap dua kapal tanker di dekat Selat Hormuz, AS menduga itu dilakukan Iran. Situasi mengancam untuk mengekang aliran minyak global.

Kenaikan harga minyak mengikuti penurunan tajam di bulan Mei, dimana James Hatzigiannis, rekan komoditas senior di Long Leaf Trading Group, mengatributkan pada "hubungan perdagangan yang terus memburuk antara [AS] dan China." Sengketa perdagangan menimbulkan kekhawatiran tentang kelemahan dalam ekonomi global dan konsumsi energi.

Badan Energi Internasional baru-baru ini memangkas perkiraan pertumbuhan 2019 untuk minyak menjadi 1,2 juta barel per hari, dari 1,3 juta sebelumnya. "Ketakutan akan permintaan global [yang lebih lemah] untuk mengimbangi ketegangan di Timur Tengah," kata Hatzigiannis.

"Sampai perselisihan dagang "diselesaikan, atau ada lebih banyak kemajuan, saya tidak melihat WTI bergerak lebih tinggi dari US$60.

Tapi Hatfield berpendapat bahwa minyak mentah yang lebih murah mungkin "merangsang permintaan, terutama di AS, ketika kita pindah ke jantung musim mengemudi musim panas, dengan harga bensin hampir 15% di bawah level musim panas lalu." Dia mengatakan West Texas Intermediate bisa naik ke US$60 per barel. Kisaran pada akhir musim panas.

Tanggal pertemuan menteri OPEC yang terpisah dan OPEC dan sekutunya, yang dikenal sebagai OPEC +, telah diubah menjadi 1-2 Juli, dari 25-26 Juni 2019. "Komponen utama dalam menunda pertemuan adalah pendekatan tunggu dan lihat. Mereka ingin melihat hasil KTT G-20, dan mereka berharap Trump dan [Presiden Cina] Xi setidaknya membuat beberapa kemajuan dalam kesepakatan perdagangan," kata Hatzigiannis.

Hasil pertemuan G-20 dan pembicaraan antara presiden harus membantu anggota OPEC dan nonanggota, termasuk Rusia, memutuskan apakah akan melanjutkan kesepakatan untuk mengurangi produksi sebesar 1,2 juta barel per hari. Rencana itu dimulai pada awal tahun, dan berakhir pada 30 Juni.

"Kami dan sebagian besar investor mengharapkan OPEC untuk memperpanjang" pemotongan, kata Hatfield. "Kecuali jika ada kejutan hasil pemotongan tambahan atau tidak ada kesepakatan untuk memperpanjang, dampak pasar harus diredam." Namun, ada "peluang kecil dari pemotongan produksi tambahan yang akan mendorong harga minyak naik secara signifikan."

Jika pakta itu tidak diperpanjang, harga minyak akan turun, kata Hatzigiannis, menekankan bahwa penghentian produksi tidak akan terjadi. Namun, jika dengan "beberapa keajaiban" AS dan China menyetujui perjanjian perdagangan sebelum OPEC bertemu.

Itu akan mengurangi kemungkinan pengurangan produksi dari OPEC. Di bawah skenario itu, baik permintaan dan harga mungkin naik.

Komentar

Embed Widget
x