Find and Follow Us

Selasa, 16 Juli 2019 | 05:07 WIB

Bursa Saham Eropa Berpotensi Variatif

Oleh : Wahid Ma'ruf | Rabu, 19 Juni 2019 | 14:01 WIB
Bursa Saham Eropa Berpotensi Variatif
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, London - Pasar saham Eropa menunjuk ke pembukaan yang bervariasi pada hari Rabu (19/6/2019) menjelang keputusan Federal Reserve AS yang sangat dinanti-nantikan atas suku bunga.

FTSE 100 terlihat sekitar 7 poin lebih tinggi pada 7.450. Sementara DAX Jerman diperkirakan akan dibuka rata di 12.332. Indeks CAC 40 Prancis terlihat turun sekitar 4 poin menjadi 5.506, seperti mengutip cnbc.com.

Presiden AS Donald Trump pada hari Selasa mengumumkan rencana di Twitter untuk 'pertemuan diperpanjang' dengan Presiden China, Xi Jinping pada KTT G-20 minggu depan. Rencana Trump, yang memicu harapan resolusi untuk perang perdagangan yang sedang berlangsung antara kedua negara.

KTT G-20 dijadwalkan 28-29 Juni di Osaka, Jepang. Saham Asia melonjak pada Rabu sore sebagai reaksi terhadap berita tersebut, dengan indeks utama di Hong Kong dan Cina daratan naik lebih dari 2%.

Presiden juga membidik para gubernur bank sentral pada hari Selasa, mengecam Presiden Bank Sentral Eropa (ECB) Mario Draghi di Twitter atas usulan stimulus lebih banyak untuk zona euro. Trump menuduh Draghi memanipulasi mata uang setelah euro jatuh tajam sebagai reaksi atas pidatonya.

Dia kemudian melanjutkan untuk meninggalkan kemungkinan demoting Ketua Federal Reserve Jerome Powell, menjelang pertemuan kebijakan moneter penting Rabu. The Fed akan membuat keputusan tentang suku bunga pada jam 2.p. ET, dengan investor berharap bahwa Powell akan memberi sinyal penurunan suku bunga dalam waktu dekat.

Di UK, jumlah partai Konservatif berharap untuk menggantikan Perdana Menteri Theresa May dipotong menjadi lima, setelah mantan Sekretaris Brexit Dominic Raab tersingkir dalam putaran kedua surat suara rahasia.

Mantan Sekretaris Luar Negeri Eurosceptic, Boris Johnson terus melaju ke depan, dengan Anggota Parlemen Konservatif (MP) akan memilih dalam pemungutan suara kepemimpinan ketiga mereka Rabu.

Forum ECB menyimpulkan Rabu dengan Presiden Komisi Eropa, Jean-Claude Juncker akan berbicara pada pukul 09:30 pagi BST. Inggris juga akan merilis data ekonomi Rabu pagi.

Komentar

Embed Widget
x