Find and Follow Us

Kamis, 19 September 2019 | 13:42 WIB

Harga Emas Berjangka Hentikan Kenaikan

Oleh : Wahid Ma'ruf | Rabu, 19 Juni 2019 | 06:40 WIB
Harga Emas Berjangka Hentikan Kenaikan
(Foto: ist)
facebook twitter

INILAHCOM, New York - Harga emas memangkas kenaikan pada hari Selasa (18/6/2019) setelah Presiden AS Donald Trump mengkonfirmasikan bahwa ia akan bertemu dengan Presiden China, Xi Jinping pada pertemuan puncak internasional, mengharapkan segera berakhirnya sengketa perdagangan AS-China.

Sebelumnya di sesi ini, harga emas sempat melonjak hingga 1% setelah bank sentral di Eropa dan Amerika Serikat mengisyaratkan pelonggaran moneter.

Emas spot naik 0,2% menjadi US$1.342,15 per ons pada 10:44 EDT (1444 GMT). Harga telah naik menjadi US$1.354,20 sebelumnya, sebelum Trump mengatakan dalam tweet bahwa ia memiliki "percakapan telepon yang sangat baik" dengan Xi dari China.

Kedua pemimpin akan bertemu pada pertemuan G20 akhir bulan ini di Jepang, di mana diskusi akan fokus pada perdagangan di tengah percekcokan tarif yang pahit, yang telah mengganggu pasar global sejak konsepsinya setahun yang lalu.

Emas berjangka AS menetap US$7,80 lebih tinggi pada US$1.350,70. "Kami melihat sedikit kebangkitan dalam selera risiko," kata Bart Melek, kepala strategi komoditas di TD Securities di Toronto, menambahkan bahwa ekuitas telah bergerak lebih tinggi, yang telah membantu dolar.

"Komoditas di sisi risiko telah naik dan emas telah diperdagangkan lebih rendah, di belakang perjanjian antara AS dan China di sisi perdagangan."

Pasar ekuitas menguat mengikuti komentar Trump sementara indeks dolar menguat di tertinggi dua pekan terakhir.

Presiden Bank Sentral Eropa, Mario Draghi mengatakan bank akan perlu melonggarkan kebijakan lagi di tengah-tengah inflasi yang hangat, sementara pasar mengharapkan Federal Reserve AS untuk menurunkan suku bunga akhir tahun ini.

"Pedagang sedang melihat masa depan segera untuk pelonggaran uang dari bank sentral, yang seharusnya melihat perdagangan emas lebih tinggi untuk saat ini," kata Bob Haberkorn, ahli strategi pasar senior di RJO Futures.

Spot gold dapat menembus support di US$1.337 per ounce dan jatuh ke support berikutnya di US$1.324, analis teknis Reuters Wang Tao.

"Selama emas menahan level intraday US$1.333, itu bagus untuk emas batangan harga naik setelah ekspektasi dari bank sentral, tetapi belum ada jawaban pasti untuk mempertahankan level tersebut secara intraday," kata Michael Matousek, kepala pedagang di Investor Global AS seperti mengutip cnbc.com.

Logam mulia lainnya juga mengalami kenaikan, dengan perak naik 0,6% menjadi US$14,93 per ons dan platinum naik 0,8% menjadi US$798,31.

Palladium naik 2,3% menjadi US$1.483,85 per ons, setelah mencapai US$1,489 di awal sesi, level tertinggi sejak 27 Maret.

Komentar

x