Find and Follow Us

Selasa, 16 Juli 2019 | 21:26 WIB

Bursa Saham Eropa Naik Respon Saran Dragi

Oleh : Wahid Ma'ruf | Selasa, 18 Juni 2019 | 17:40 WIB
Bursa Saham Eropa Naik Respon Saran Dragi

INILAHCOM, London - Bursa saham Eropa rebound Selasa (18/6/2019) setelah pidato dari Presiden Bank Sentral Eropa Mario Draghi, yang menyarankan bahwa ECB akan memberikan lebih banyak stimulus, baik melalui penurunan suku bunga baru atau pembelian aset, jika inflasi tidak meningkat.

Draghi juga membela alat yang telah tersedia organisasi, mengatakan bahwa program pembelian asetnya masih memiliki ruang kepala yang cukup besar.

Indeks acuan Eropa, Stoxx 600 pulih dari penurunan awal naik 0,4% selama pidato. Saham sumber daya dasar memimpin kenaikan dengan kenaikan 1,3%, sementara hanya segelintir sektor yang masih merah. Indeks FTSE naik 0,5%, indeks DAX naik 0,8%, indeks CAC naik 1,07%, seperti mengutip cnbc.com.

Bank sentral akan tetap menjadi fokus minggu ini. Federal Reserve AS dijadwalkan untuk memulai pertemuan kebijakan moneter dua hari pada hari Rabu di Amerika Serikat, ketika investor akan mencari petunjuk tentang penurunan suku bunga potensial.

Pasar Asia sebagian besar lebih tinggi pada hari Selasa, indeks Hang Seng Hong Kong menambahkan 0,7% sementara hanya indeks Jepang yang turun ke zona merah.

Investor akan memantau ketegangan geopolitik yang membara setelah bertindak Menteri Pertahanan AS Patrick Shanahan Senin mengumumkan bahwa 1.000 tentara akan dikerahkan ke Timur Tengah, dengan alasan kekhawatiran tentang ancaman dari Iran. Kekhawatiran konfrontasi antara Iran dan AS telah meningkat sejak Kamis lalu, ketika dua kapal tanker minyak diserang, yang oleh Washington ditudingkan pada Teheran.

Kembali di Eropa, enam partai Konservatif yang tersisa berharap untuk menggantikan Perdana Menteri Inggris Theresa May akan menghadapi putaran kedua pemungutan suara dengan pemungutan suara secara rahasia hari Selasa, dengan Brexiteer Boris Johnson pelopor yang jelas meskipun menolak untuk berpartisipasi dalam debat langsung televisi hari Minggu.

Pembuat chip Jerman Infineon telah meluncurkan peningkatan modal dipercepat untuk meningkatkan 1,5 miliar euro ($ 1,68 miliar) menuju rencana akuisisi Cypress Semiconductor. Saham Infineon turun lebih dari 5% dalam kesepakatan awal karena pasar bereaksi terhadap berita tersebut.

Swedbank mengumumkan pada hari Senin bahwa mereka telah menangguhkan CEO dan CFO dari bisnis Estonia setelah penyelidikan pencucian uang. Bank tertua di Swedia telah melalui periode yang bergejolak sejak dikaitkan dengan pencucian uang di Danske Bank yang mengatakan cabang Estonia-nya digunakan untuk memindahkan 200 miliar euro dana mencurigakan antara 2007 dan 2015. Saham Swedbank diperdagangkan 1,5% lebih rendah selama sesi pagi.

Dalam hal saham individu, kelompok asuransi pan-Afrika yang terdaftar di London Old Mutual naik ke puncak indeks blue chip Eropa, naik 3,1% setelah memecat CEO Peter Moyo yang ditangguhkan karena konflik kepentingan.

Di ujung lain Stoxx 600, pembuat peralatan rumah sakit Denmark Ambu anjlok lebih dari 16% pada awal perdagangan setelah memangkas prospeknya.

Komentar

Embed Widget
x