Find and Follow Us

Senin, 16 September 2019 | 19:20 WIB

Pasar Properti Pulih

PT BSD Siapkan Belanja Modal Rp3 Triliun

Oleh : Mohammad Fadil Djailani | Jumat, 24 Mei 2019 | 01:21 WIB
PT BSD Siapkan Belanja Modal Rp3 Triliun
(Foto: Inilahcom/Eusebio CM)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE) menilai pada tahun ini industri properti memasuki masa pemulihan, sehingga perseroan telah merencanakan pengalokasiaan dana belanja modal (capex) 2019 sebesar Rp3 triliun, untuk pengembangan gedung perkantoran di Jabodetabek.

"Kami meyakini industri properti kembali pulih seiring dengan membaiknya kondisi perekonomian di dalam negeri serta daya beli masyarakat," kata Direktur BSDE, Hermawan Wijaya dalam siaran perusahaan di Jakarta, Kamis (23/5/2019).

Dia mengatakan, upaya mendukung pengembangan gedung perkantoran di Jabodetabek pada tahun ini akan ditopang capex sebesar Rp3 triliun.

Hermawan menyebutkan, sumber pendanaan capex diutamakan berasal dari kas internal, lantaran kas BSDE per akhir 2018 tercatat sebesar Rp8,14 triliun.

Pada RUPS Tahunan BSDE Kamis kemarin yang digelar di Tangerang, Banten, para pemegang saham menyetujui rencana Perseroan yang tidak membagikan dividen. Sehingga, laba bersih BSDE di 2018 akan ditempatkan sebagai laba ditahan untuk modal kerja.

Dia mengungkapkan, pada Kuartal I-2019, BSDE mampu membukukan laba bersih senilai Rp618 miliar atau melonjak 52 persen (year-on-year).

"BSDE menetapkan target marketing sales 2019 sebesar Rp6,2 triliun. Sebesar 56 persen akan dikontribusi dari residensial dan 44 persen dari produk komersial," katanya.

PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSD City) (BSDE) didirikan 16 Januari 1984 dan mulai beroperasi secara komersial pada tahun 1989. Proyek real estat BSDE berupa Perumahan Bumi Serpong Damai yang berlokasi di Kecamatan Serpong, Kecamatan Legok, Kecamatan Cisauk dan Kecamatan Pagedangan, Propinsi Banten.

BSDE dan anak usaha (grup) termasuk dalam kelompok usaha PT Paraga Artamida, sedangkan pemegang saham akhir Grup adalah Sinarmas Land Limited yang berkedudukan di Singapura.

Pemegang saham yang memiliki 5% atau lebih saham Bumi Serpong Damai Tbk, antara lain: PT Paraga Artamida (26,57%) dan PT Ekacentra Usahamaju (26,47%). Saham publik sebesar 39,8%.

Saat ini, BSDE memiliki anak usaha yang juga tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI), yakni Duta Pertiwi Tbk (DUTI).

Kegiatan bisnis BSDE adalah berusaha dalam bidang pembangunan real estat. Saat ini BSDE melaksanakan pembangunan kota baru sebagai wilayah pemukiman yang terencana dan terpadu yang dilengkapi dengan prasarana-prasarana, fasilitas lingkungan dan penghijauan dengan nama BSD City.

Saham BSDE pada penutupan kemarin berakhir di Rp1.275 dari pembukaan di Rp1.215 per saham. Dalam setahun terakhir harga tertinggi saham BSDE di Rp1.750 per saham pada penutupan 7 Juni 2018. Untuk harga terendah di Rp965 per saham pada penutupan 11 Oktober 2018. [jat]

Komentar

Embed Widget
x