Find and Follow Us

Rabu, 22 Mei 2019 | 13:42 WIB

Bursa Saham Eropa Menghijau

Oleh : Wahid Ma'ruf | Kamis, 16 Mei 2019 | 18:40 WIB
Bursa Saham Eropa Menghijau
(Foto: ist)

INILAHCOM, London - Bursa saham Eropa diperdagangkan lebih tinggi pada Kamis karena pasar pulih dari kerusuhan awal yang disebabkanpenargetan baru perusahaan AS oleh Presiden Donald Trump terhadap perusahaan teknologi China, Huawei.

Indeks acuan Eropa, STOXX 600 mencapai level tertinggi sehari di perdagangan sore hari. STOXX 600 naik sekitar 0,4%, sumber daya dasar memimpin kenaikan dengan kenaikan 1,75%, sementara mobil berjuang untuk membuat kemajuan, tergelincir 0,4%. Indeks FTSE naik 0,2%, indeks DAX menguat 0,7% dan indeks CAC meningkat 0,3%, seperti mengutip cnbc.com.

Thyssenkrupp adalah pemain terkuat, sahamnya naik 6,9% pada laporan bahwa Kone Finlandia menilai kelayakan tawaran untuk divisi elevator perusahaan industri Jerman. Saham Kone diperdagangkan 4,1% lebih tinggi.

Di Asia, saham bervariasi dalam perdagangan Kamis sore setelah AS membidik kembali Huawei, dengan Presiden Donald Trump mendeklarasikan keadaan darurat nasional atas ancaman terhadap teknologi AS. Langkah itu, dilakukan melalui perintah eksekutif, diharapkan mendahului larangan perusahaan-perusahaan Amerika yang berurusan dengan perusahaan telekomunikasi China.

Namun, Presiden Prancis Emmanuel Macron berbicara kepada CNBC Kamis dan menuangkan air dingin pada gagasan menerapkan tindakan proteksionis pada perusahaan teknologi seperti Huawei.

Saham China Daratan dan Hong Kong pulih dari penurunan awal untuk diperdagangkan sedikit lebih tinggi di sore hari. Sementara saham di Jepang dan Korea Selatan berakhir di zona merah.

Di Amerika Serikat, investor akan memantau lingkungan pasar yang fluktuatif setelah saham naik pada Rabu setelah beberapa sumber mengatakan kepada CNBC, tentang penundaan tarif otomatis. Ini terjadi setelah aksi jual pasar Senin ketika perang perdagangan antara ekonomi terbesar di dunia berkumpul.

Ketegangan perdagangan, bagaimanapun, terus membebani sentimen investor ketika Trump menyatakan darurat nasional atas ancaman terhadap teknologi Amerika.

Kembali di Eropa, pemberontak pendukung Brexit di dalam Partai Konservatif Perdana Menteri Theresa May di Inggris mengatakan, Rabu, mereka akan membatalkan kesepakatan perceraiannya dengan Uni Eropa, yang akan diajukan ke parlemen untuk keempat kalinya bulan depan.

Sementara itu, Komisi Eropa sedang berupaya mendorong regulasi terbesar di perbankan sejak krisis keuangan 2008, yang dapat membatasi akses Inggris setelah kepergiannya dari blok tersebut, menurut laporan Reuters.

Dalam berita perusahaan, perusahaan asuransi Italia Generali melaporkan laba bersih kuartal pertama sebesar 744 juta euro ($ 833,8 juta), kenaikan 28%, didorong oleh hasil operasi yang meningkat dan penjualan bisnis. Saham perusahaan diperdagangkan sekitar 0,7% lebih rendah.

NN Group mengalahkan ekspektasi dengan lonjakan 50% dalam laba inti kuartal pertama pada 468 juta euro, didorong oleh peningkatan kinerja dalam bisnis asuransi jiwa Belanda. Saham turun 1,3% menjelang akhir sesi pagi.

Agen perjalanan Thomas Cook melihat kerugian meningkat dan mengatakan ketidakpastian politik akan berdampak pada keuntungannya pada musim panas ini. Dia, menambahkan bahwa mereka telah menerima beberapa tawaran untuk unit perusahaan penerbangan setelah disiapkan untuk dijual. Perusahaan melaporkan kerugian yang mendasari laba sebelum bunga dan pajak (EBIT) sebesar 245 juta (US$314,6 juta). Saham turun 17% menjelang akhir sesi pagi.

Komentar

x