Find and Follow Us

Kamis, 22 Agustus 2019 | 14:10 WIB

Trump dan Xi Mungkin Bisa Bertemu di Forum G-20

Oleh : Wahid Ma'ruf | Senin, 13 Mei 2019 | 07:17 WIB
Trump dan Xi Mungkin Bisa Bertemu di Forum G-20
Presiden Donald Trump dan Presiden China, Xi Jinping

INILAHCOM, New York - Presiden Donald Trump dan Presiden China, Xi Jinping kemungkinan akan bertemu pada KTT G-20 Juni di Jepang. Demikian ungkap Penasihat Ekonomi Gedung Putih Larry Kudlow yang mengatakan Minggu (12/5/2019).

Kudlow mengatakan peluang seperti pertemuan "cukup bagus," tetapi ia mengatakan "tidak ada rencana yang pasti dan konkret" untuk kapan AS dan negosiator Tiongkok akan bertemu lagi.

Pembicaraan perdagangan antara AS dan negosiator China berakhir pada hari Jumat tanpa perjanjian perdagangan. Pembicaraan berlangsung di bawah bayang-bayang keputusan Trump untuk lebih dari dua kali lipat tingkat tarif menjadi 25% pada US$200 miliar barang China.

"Pembicaraan akan berlanjut," kata Kudlow. "Saya akan mengatakan ini: Ada pertemuan G-20 di Jepang menjelang akhir Juni bulan depan dan peluang bahwa Presiden Trump dan Presiden Xi akan berkumpul di pertemuan itu cukup bagus."

Trump menyebut negosiasi hari Jumat (10/5/2019) "konstruktif" dan mengatakan pembicaraan akan berlanjut sementara tarif A.S. tetap berlaku. Meskipun mereka dapat dicabut tergantung pada bagaimana situasi berkembang seperti mengutip cnbc.com.

Kudlow mengatakan dalam wawancara dengan Fox News pada hari Minggu bahwa ia mengharapkan Cina untuk membalas terhadap Beijing AS mengancam akan mengambil "tindakan balasan" terhadap AS minggu lalu, tetapi sejauh ini belum dilakukan.

Penasihat ekonomi Gedung Putih mengatakan Cina telah mundur dari komitmennya, yang mempercepat keputusan Trump untuk menaikkan tarif. Dia menunjuk pencurian properti intelektual dan transfer teknologi paksa sebagai titik tusuk.

"Hal-hal tampaknya terlalu lama, dan kami tidak dapat menerima backtracking," kata Kudlow. "Kami tidak berpikir orang Cina sudah cukup jauh, kami akan menunggu dan melihat."

Pada hari Sabtu, Trump memperingatkan Cina untuk "bertindak sekarang" pada perdagangan atau berisiko menghadapi kesepakatan "jauh lebih buruk" selama kemungkinan masa jabatan kedua setelah pemilihan presiden 2020.

Komentar

Embed Widget
x