Find and Follow Us

Rabu, 22 Mei 2019 | 07:35 WIB

Ini Makna Bunga Acuan di Swiss Tetap Negatif

Oleh : Wahid Ma'ruf | Jumat, 26 April 2019 | 17:01 WIB
Ini Makna Bunga Acuan di Swiss Tetap Negatif
(Istimewa)

INILAHCOM, Zurich - Gubernur Bank Nasional Swiss, Thomas Jordan pada hari Jumat (26/4/2019) mempertahankan kebijakan tingkat suku bunga negatif.

Dia mengatakan kebijakan itu "sangat penting" untuk memastikan stabilitas harga dan menjaga franc Swiss dari level yang terlalu kuat. "Sayangnya, Anda tidak dapat memiliki kue dan memakannya, seperti kata pepatah," katanya pada pertemuan umum tahunan SNB, menjelaskan bahwa "Anda tidak dapat memiliki suku bunga yang lebih tinggi dan franc Swiss yang lebih lemah pada saat yang sama."

Dia mengakui kekhawatiran publik tentang kebijakan lebih dari empat tahun, khususnya efeknya terhadap penabung yang telah melihat tingkat simpanan mereka tertekan setelah bertahun-tahun tingkat ultralow. "Ada yang mengatakan itu bertentangan dengan logika ekonomi, dan menciptakan masalah besar bagi penabung dan dana pensiun," kata Jordan seperti mengutip marketwatch.com.

"Kami tidak akan membebankan bunga negatif jika kami tidak menganggap ini sebagai hal yang sangat penting bagi kami dalam memenuhi mandat kami," kata Jordan.

Tanpa kebijakan itu, selain intervensi mata uang SNB untuk melemahkan franc, "Swiss hari ini akan menghadapi realitas ekonomi yang berbeda," dengan inflasi yang lebih rendah, pertumbuhan yang lemah dan pengangguran yang lebih tinggi," katanya.

SNB memiliki tingkat kebijakan negatif terdalam di dunia pada minus 0,75%. Ini telah mempertahankan suku bunga simpanan pada tingkat itu sejak Januari 2015 dalam upaya untuk menjaga franc Swiss dari penguatan terlalu banyak, yang akan merusak eksportir.

Sebagian besar ekonom mengharapkannya untuk bertahan di level ini paling tidak sampai tahun depan. Seperti bank sentral Eropa lainnya di luar zona euro, SNB sangat sensitif terhadap apa yang dilakukan Bank Sentral Eropa.

Dengan ECB diharapkan untuk mempertahankan tingkat kebijakan negatifnya sendiri tidak berubah ke 2020, Swiss kemungkinan akan berpihak juga. Dengan inflasi tahunan di Swiss hanya 0,7%, SNB tidak di bawah tekanan untuk menaikkan suku dalam waktu dekat.

Komentar Mr Jordan dibuat pada pertemuan pemegang saham SNB. SNB adalah satu-satunya bank sentral di dunia dengan saham terdaftar. Harga sahamnya telah naik sekitar lima kali lipat selama tiga tahun terakhir meskipun SNB hanya membayar dividen kecil dan kumpulan kecil pemegang saham swasta tidak memiliki suara dalam bagaimana bank dikelola.

Jordan dan anggota dewan pengurus lainnya tidak memiliki saham, menurut laporan tahunan SNB.

Pada hari Kamis, SNB melaporkan laba kuartal pertama 30,7 miliar franc Swiss ($ 30,1 miliar), yang sebagian besar didorong oleh kenaikan penilaian atas kepemilikan besar-besaran atas saham dan obligasi luar negeri.

Komentar

x