Find and Follow Us

Selasa, 21 Mei 2019 | 06:19 WIB

Galangan Kapal Meledak, Saham SOCI Turun

Oleh : M Fadil Djailani | Kamis, 25 April 2019 | 15:21 WIB
Galangan Kapal Meledak, Saham SOCI Turun
(Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Galangan kapal milik PT Multi Ocean Shipyard (MOS), anak usaha PT Soechie Lines Tbk (SOCI) mengalami kecelakaan kerja dengan terjadinya ledakan yang mengakibatkan luka-luka serius terhadap para pekerjanya.

Dampaknya, saham emiten perkapalan itu mengalami penurunan enam poin atau 3,3% ke Rp176 dengan nilai transaksi Rp2,3 triliun pada penutupan perdagangan sesi I hari ini, Kamis (25/4/2019).

Dugaan sementara, ledakan tersebut berasal dari sebuah tabung gas, pada saat melakukan pengelasan di salah satu Project Perbaikan Kapal, Rabu (24/4/2019).

Berdasarkan informasi yang ada, kecelakaan bermula ketika salah satu pekerja sedang melakukan pengelasan di atas kapal. Namun tiba-tiba muncul ledakan kuat yang membuat dua pekerja PT MOS mengalami luka bakar serius.

"Jadi, saat itu ada pekerja yang sedang mengelas, kemudian api dari mesin las itu jatuh kebawah dan mengenai tabung dan meledak," kata seorang pekerja yang enggan namanya disebutkan.

Akibat dari ledakan tersebut, membuat para pekerja lainnya langsung menghentikan pekerjaannya dan menuju sumber ledakan dan ditemukan ada dua orang pekerja yang menjadi korban dari ledakan besar tersebut.

"Ada dua orang korban, satu orang masih sadarkan diri dan terlihat lemas, sementara satu orang lainnya tidak sadarkan diri. Luka bakar mereka cukup parah di sekujur tubuh," katanya.

Kapolsek Meral Polres Karimun, AKP Hadi Sucipto menjelaskan saat ini pihak kepolisian tengah melakukan olah TKP di perusahaan yang berada di Desa Pangke, Kecamatan Meral Barat.

"Ini kita sedang mau memeriksa ke TKP untuk memeriksa bagaimana kronologisnya, selanjutnya akan kita kabari perkembangannya," jelas AKP Hadi Sucipto.

Kedua orang tersebut langsung dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah Muhammad Sani Zulham dan Rumah Sakit Bakti Timah untuk mendapatkan perawatan medis.

Untuk diketahui, ledakan pada galangan PT MOS ini bukan yang pertama kali terjadi. Sebelumnya, pada bulan November 2018, galangan MOS juga mengalami kecelakaan pada saat balon airbag kapal meledak dan melukai lebih dari 20 orang. [hid]

Komentar

x