Find and Follow Us

Senin, 26 Agustus 2019 | 03:52 WIB

Bagaimana Sesuaikan Kebijakan Fed Saat Ini?

Oleh : Wahid Ma'ruf | Rabu, 24 April 2019 | 14:45 WIB
Bagaimana Sesuaikan Kebijakan Fed Saat Ini?
(Istimewa)

INILAHCOM, New York - Suku bunga acuan Federal Reserve telah naik ke level tertinggi dalam 11 tahun terakhir. Meskipun bank sentral telah mengirim pesan yang jelas bahwa itu dilakukan pengetatan kebijakan tanpa batas waktu.

Dalam beberapa hari terakhir, tingkat suku bunga dana efektif, yang menargetkan tingkat semalam yang dibebankan bank satu sama lain untuk pinjaman, telah naik hingga 2,44%. Itu tertinggi sejak Maret 2008 dan hanya 6 basis poin dari atas kisaran target dan terdekat ke atas sejak Desember 2018, ketika The Fed terakhir menaikkan suku.

Untuk saat ini, langkah ini dipandang tidak terlalu bermasalah mengingat masih ada ruang antara level saat ini dan bagian atas kisaran 2,25% hingga 2,5% dengan kurs seharusnya diperdagangkan. Tetapi gerakan menuju ujung atas band telah mendorong tindakan sebelumnya, dan tren tersebut kemungkinan akan menjadi topik diskusi pada pertemuan Komite Pasar Terbuka Federal pekan depan, seperti mengutip cnbc.com.

Ketika Fed pertama kali menaikkan suku bunga pada Desember 2015, ia berhasil mempertahankan suku bunga dana di sekitar titik tengah kisaran target. Tapi itu telah berubah selama setahun terakhir.

"Dengan 6 basis poin dari bagian atas rentang, Anda masih dalam target. Pertanyaannya menjadi apakah mereka berpikir tekanan teknis yang mendorong ini," kata Lou Crandall, kepala ekonom di Wrightson ICAP dan sebelumnya dari the New York Fed. "Satu-satunya masalah adalah apakah Anda harus membuat penyesuaian teknis di masa depan agar tidak bertambah tinggi."

The Fed, pada kenyataannya, telah membuat penyesuaian sebelumnya untuk mencoba mempertahankan suku bunga acuannya.

Dua kali pada tahun 2018, FOMC menyetujui kenaikan 20 basis poin dalam bunga yang dibayarkannya atas kelebihan cadangan bank, atau IOER, daripada kenaikan 25 basis poin yang disetujui untuk tingkat dana. IOER umumnya telah dinaikkan pada saat yang sama dengan tingkat dana dan telah bertindak sebagai penghalang terhadap kenaikan benchmark. Kenaikan 20 basis poin ditujukan untuk menahan kenaikan suku bunga dana saat mencapai batas atas kisaran target.

Namun, tingkat dana untuk pertama kalinya sekarang diperdagangkan di atas IOER, yang secara teknis ditetapkan sebagai landasan EFFR tetapi lebih sering bertindak sebagai plafon. FOMC dapat mempertimbangkan penyesuaian lain untuk tingkat dana minggu depan, meskipun pada titik ini tidak mungkin.

"Itu tentu mungkin di ujung jalan, Tapi mereka harus benar-benar mengancam untuk menembus kisaran target bagi mereka untuk mencoba menjelaskan kepada publik mengapa mereka melakukan itu," kata Crandall.

Mengapa tingkat dana meningkat di atas IOER agak merupakan misteri pasar, meskipun pejabat Fed menghubungkannya dengan hasil yang lebih tinggi pada pasar reverse repo yang telah mendorong EFFR. Beberapa pelaku pasar khawatir bahwa program pengurangan neraca Fed, yang memungkinkan beberapa hasil dari portofolio obligasi untuk bergulir setiap bulan, juga bisa memberikan tekanan ke atas pada suku bunga.

Untuk saat ini, sebagian besar pejabat tetap tidak peduli dengan tingkat suku bunga yang melewati IOER.

"Selama tingkat ini tetap relatif stabil dan sedikit menyebar di atas IOER, kami tidak melihat ini menunjukkan bahwa cadangan tidak dipasok dengan baik," Lorie K. Logan, wakil presiden senior di Fed New York, mengatakan dalam sebuah pidato pekan lalu.

Faktor lain yang mungkin untuk bergerak lebih tinggi dalam tingkat dana adalah arus keluar dari reksadana pasar uang sekitar tenggat waktu pajak penghasilan 15 April federal, menurut ahli strategi di Bank of America Merrill Lynch yang berpikir tidak ada banyak kesempatan The Fed akan membuat penyesuaian IOER untuk sekarang.

"Kenaikan FF baru-baru ini telah meningkatkan spekulasi bahwa Fed mungkin mempertimbangkan pengurangan IOER yang akan segera terjadi, mungkin pada pertemuan Mei minggu depan," Mark Cabana dan Olivia Lima, ahli strategi tingkat di BofAML, mengatakan dalam sebuah catatan. "Kami pikir ini terlalu dini. Diperlukan peningkatan FF dan tetap di 2,45% sebelum The Fed mempertimbangkan dengan serius langkah tersebut."

Penyesuaian terhadap IOER dapat terjadi dalam situasi yang tidak biasa bagi The Fed. Dalam dua penyesuaian teknis sebelumnya, The Fed menaikkan suku bunga seperempat poin sementara IOER naik hanya 20 basis poin. Tanpa kenaikan suku bunga di cakrawala, tidak jelas bagaimana langkah IOER akan bekerja.

Ada juga pertanyaan tentang komunikasi: Pasar dapat dengan mudah terguncang oleh retorika Fed, dan pejabat bank sentral mungkin kesulitan menjelaskan mengapa mereka mengambil tindakan yang lebih korektif.

Dengan The Fed menjalankan tatanan kebijakan moneter, setiap penyimpangan pasti akan mendapat perhatian.

FOMC telah mengirim telegraf bahwa ia tidak akan menaikkan suku bunga dan juga mengatur jadwal untuk menghentikan pengurangan neraca. Pesan seputar normalisasi kebijakan telah berantakan, dengan pasar memberontak setelah Ketua Fed Jerome Powell tahun lalu mengindikasikan pengetatan lebih maju. Pivot kebijakan tahun ini telah membalikkan kerusakan.

Veteran pasar obligasi Kevin Ferry mengatakan langkah saat ini dari tingkat dana mungkin "teknis" di alam tetapi mengatakan itu tidak biasa untuk tingkat naik sementara sebagian besar pedagang lebih suka itu lebih rendah dan karena Fed telah menunjukkan sikap dovish.

"Jika ada bahaya, itu artinya mereka berada di luar harga pasar saat ini. Itu akan menyebabkan pengetatan," kata Ferry. "Mereka tidak pernah berada di depan pasar. Mereka selalu berada di belakang pasar. "

Jika situasinya berlanjut, ia mengantisipasi The Fed harus membuat penyesuaian ke IOER. "Pertanyaannya adalah, apakah Anda melakukannya secara proaktif dan menangani semua dampaknya, atau melakukannya secara retroaktif dengan waktu lee yang besar?" kata Ferry. "Metodologi favorit saya untuk kemanjuran adalah yang pertama. Tapi mereka memilih yang terakhir."

Komentar

Embed Widget
x