Find and Follow Us

Selasa, 18 Juni 2019 | 10:40 WIB

ECB Khawatirkan Independensi The Fed?

Oleh : Wahid Ma'ruf | Minggu, 14 April 2019 | 15:01 WIB
ECB Khawatirkan Independensi The Fed?
(Foto: gettyimages)

INILAHCOM, Washington- Kekhawatiran the Fed yang tidak independen setelah protes dari Presiden AS, Donald Trump. Apalagi Trump segera menyiapkan orangnya untuk masuk di dewan deputi di Fed.

Trump yang kecewa dengan kebijakan Fed telah mengumumkan akan mencalonkan Stephen Moore dan Herman Cain untuk mengisi dua kursi dewan di Fed yang masih kosong. Namun meski banyak yang menyayangkan kebijakan Fed terhadap suku bunga, muncul kekhawatiran terhadap independensi the Fed.

Kekhawatiran terbaru, muncur dari Presiden Bank Sentral Eropa (ECB), Mario Draghi. "Aku tentu khawatir tentang independensi bank sentral di negara-negara lain, terutama ... di yurisdiksi paling penting di dunia (AS)," kata Presiden ECB Mario Draghi, seperti mengutip marketwatch.com.

Pernyataan Draghi, terungkap saat pertemuan musim semi Dana Moneter Internasional dan Bank Dunia di Washington. Mereka juga menandai contoh langka dari bankir sentral yang berpendapat tentang operasi bank sentral asing.

"Jika bank sentral tidak independen, maka orang mungkin berpikir bahwa keputusan kebijakan moneter mengikuti saran politik daripada penilaian obyektif dari prospek ekonomi," kata Draghi.

Bagaimana dengan lembaga yang dipimpinnya sendiri? Draghi mengatakan dia tidak melihat independensi ECB di bawah ancaman, juga tidak khawatir bahwa ancaman erosi independensi bank sentral di seluruh dunia, belum berdampak buruk pada kepercayaan global.

Komentar

x